Bone Bolango (ANTARA) - Plt Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli menargetkan pada tahun 2024 pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada angka 4,77 persen.

"Saya optimistis target ini bisa kita lampaui dengan melihat kondisi ekonomi masyarakat yang makin membaik," ucap Merlan Uloli di Gorontalo, Rabu.

Ia mengungkapkan pada tahun 2023 saat ini pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bone Bolango pada kisaran 4,45 persen.

Merlan mengatakan untuk indeks pembangunan masyarakat (IPM), pihaknya menargetkan pada angka 71,01."Kalau target IPM ini bisa kita capai, maka Kabupaten Bone Bolango akan menjadi kabupaten maju," katanya.

Untuk angka kemiskinan, pihaknya menargetkan turun menjadi 14,01 persen, dan tingkat pengangguran terbuka turun menjadi 3,05 persen.

"Harapannya ini akan bisa kita capai di tahun 2024 nanti. Angka ini cukup menggambarkan bagaimana seluruh sendi-sendi ekonomi daerah mengalami gejolak yang cukup besar," ujar dia.

Menurut Merlan, untuk mewujudkan hal itu Pemerintah Kabupaten Bone Bolango diharuskan untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang jitu dan memberikan efek untuk memulihkan kembali perekonomian daerah, sehingga percepatan pembangunan dan pencapaian visi misi dapat dilakukan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

"Capaian positif di tahun 2022 dan 2023 ini, tentunya membawa optimisme keberhasilan pemulihan ekonomi di tahun 2024," ungkap Merlan Uloli.

Dikatakannya, mobilitas masyarakat yang terus meningkat menjadi modal roda ekonomi Kabupaten Bone Bolango untuk bergerak lebih progresif, meski pemulihan ekonomi terus dibayangi tantangan dan resiko global.

"Untuk itu, peran APBD sangat diperlukan agar tetap berkelanjutan dan kredibel," kata dia, lagi.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023