Ide bunuh diri, ancaman dan percobaan bunuh diri merupakan hal serius yang harus segera ditangani
Jakarta (ANTARA) - Pusat Kesehatan Jiwa Nasional Rumah Sakit Jiwa dr H Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM) menggandeng IPB University dalam melakukan deteksi dini pencegahan bunuh diri.

"Ide bunuh diri, ancaman dan percobaan bunuh diri merupakan hal serius yang harus segera ditangani. Sehingga dibutuhkan langkah preventif untuk menurunkan angka kejadiannya, " ujar Direktur Utama PKJN RSJMM, Dr dr Nova Riyanti Yusuf SpKJ, di Bogor, Rabu.

Baca juga: PKJN rancang peta jalan pencegahan bunuh diri

Deteksi dini tersebut dilakukan dengan melakukan pemindaian QR Code yang terhubung dengan instrumen pencegahan bunuh diri yang disediakan oleh PKJN RSJMM. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama terkait kesehatan mental mahasiswa antara PKJN RSJMM dengan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University.

Juga dilakukan penempelan QR Code di sejumlah fasilitas publik yang berisi instrumen pencegahan dan upaya penanganan masalah kesehatan mental.

Nova menambahkan untuk kasus bunuh diri pada remaja, salah satu hal penting yang dapat dilakukan yaitu deteksi dini, yang bertujuan untuk menemukan faktor risiko penyebab bunuh diri pada remaja.

American Academy of Child and Adolescent Psychiatry membagi fase remaja menjadi tiga, yaitu Early Adolescence (11 – 13 tahun), Middle Adolescence (14 – 18 tahun), dan Late Adolescence (19 – 24 tahun).

Fase middle adolescence adalah fase yang sangat rentan karena remaja berpikir secara abstrak tetapi juga mempunyai keyakinan tentang keabadian dan kedigdayaan sehingga mendorong timbulnya perilaku mengambil risiko.

Baca juga: Jaga kesehatan mental dapat dimulai dengan jaga kesehatan fisik

“Pada fase ini, remaja lebih memiliki pola pikir abstrak sehingga dapat tertantang untuk mencoba segala hal, termasuk ke arah pola hidup yang tidak baik, seperti penggunaan tembakau dan alkohol, bereksperimen dengan narkotika, psikotropika dan zat adiktif, "jelas dia.

Wakil Dekan I FEMA IPB University, Dr Megawati Simanjuntak, menyambut baik kerja sama tersebut. " Kerja sama ini diharapkan tidak hanya pada hari ini saja, tetapi berlanjut dengan kegiatan-kegiatan promotif, " katanya.

Megawati berharap, psikolog maupun psikiater dari PKJN RSJMM dapat hadir dan memberikan layanan konseling pada mahasiswa. Hal itu dikarenakan berdasarkan data satu dari 20 remaja, lanjut dia, mengalami masalah mental.

Ketua Satgas Kesehatan Mental FEMA IPB University, Dr Melly Latifah, mengatakan salah satu penyebab kesehatan mental yakni kesepian yang disebabkan karena berbagai hal seperti kehilangan, dan lainnya.

Oleh karena itu, Melly meminta agar para mahasiswa dapat berpikir positif, meningkatkan kualitas hubungan, bergabung dengan komunitas, aktif dalam layanan sosial, dan bicaralah dengan seseorang. 

Baca juga: Kehadiran sahabat penting cegah orang berniat bunuh diri

Pewarta: Indriani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023