Jakarta (ANTARA) -
Head of Research & Investment Connoisseur PT Moduit Digital Indonesia (Moduit) Manuel Adhy Purwanto memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat menyentuh level 8.000 pada tahun 2024 mendatang di tengah proyeksi perlambatan ekonomi global.

Ia memperkirakan tren suku bunga tinggi alias "higher for longer" akan mulai selesai pada kuartal II-2024 sekitar bulan Mei, sehingga dapat menyebabkan pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang negara lain, katanya dalam acara "Market Update Peluang Investasi Menjelang Pilpres 2024" di Jakarta, Kamis.

Lanjutnya, pelemahan dolar AS akan membuat investor mencari pasar-pasar potensial khususnya di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

"Kalaupun pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksi hanya berkisar 4,9 - 5 persen, angka itu sudah cukup menarik bagi investor asing," ujar Manuel.

Lebih lanjut, Ia menganggap Bank Indonesia (BI) telah cukup berhasil menjaga posisi nilai tukar rupiah dengan keputusan mengerek suku bunga ke level 6 persen, serta menerbitkan Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI) dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI) untuk menambah cadangan devisa (cadev) .

Di sisi lain, Manuel mengatakan momentum Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 akan berpengaruh cenderung kecil dibandingkan sentimen dari global, khususnya arah suku bunga bank sentral AS The Fed.

Namun demikian, Ia mengingatkan secara historis IHSG terpantau naik saat periode Pemilu, di antaranya naik 17,60 persen (yoy) pada Pemilu 2014, dan naik 4,60 persen (yoy) pada Pemilu 2019.

Selain itu, momentum windows dressing pada akhir tahun juga dapat mengerek pergerakan IHSG, dimana dalam kurun waktu 10 tahun terakhir IHSG hanya gagal naik pada Desember tahun 2022 lalu.

International Monetary Fund (IMF) memperkirakan perekonomian global hanya akan tumbuh 2,9 persen pada 2024, atau lebih rendah dibandingkan perkiraan pertumbuhan ekonomi pada 2023 yang sebesar 3 persen.

Baca juga: Analis perkirakan IHSG tembus 7.180 pada akhir 2023
Baca juga: HSBC proyeksikan IHSG Indonesia mampu capai 7.440 pada akhir 2023
Baca juga: SimInvest proyeksikan IHSG di level 7.700 pada 2024

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023