Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah membangun jaringan bisnis dan harus mempelajari hal yang baru atau berinovasi agar produknya mampu menguasai pangsa pasar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Pekalongan Supriono di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa para pelaku usaha mikro kecil dan menengah harus memiliki tekad yang besar dalam menjalankan usahanya dengan berinovasi dan membangun jaringan bisnis.

"Oleh karena itu, kami akan terus mendorong dan memaksimalkan pertumbuhan UMKM baru guna meningkatkan perekonomian di daerah," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Nugroho Hepi Kuncoro mengatakan selain mendorong pertumbuhan UMKM, pihaknya juga siap[ mendampingi perkembangan wirausaha pemula dengan memberikan pelatihan kewirausahaan.

Wirausaha pemula, kata dia, harus diberikan motivasi agar mereka tidak gampang menyerah, tangguh, dan mampu berinovasi agar mereka menjadi wirausaha profesional.

"Kami ingin mendorong agar pelaku wirausaha baik yang bergerak di bidang kuliner, batik dan craft menjadi profesional sehingga dampak positif bisa muncul dari pertumbuhan UMKM seperti bertambahnya lapangan kerja, menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran," katanya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah a Kota Pekalongan Inggit Soraya mengatakan pihaknya akan memberikan motivasi bagaimana menjadi wirausaha yang baik dan memiliki kemauan yang besar, tekad, percaya diri dalam memulai sebuah dunia usaha.

"Berdasar pengalaman pribadi, saya sempat menjadi pelaku usaha di dunia craft dan busana sehingga pengusaha harus berpandangan ke depan, harus punya target dan sukses. Kita juga harus tahu keahlian dan peluang yang ada," katanya.


Baca juga: Pekalongan komitmen lakukan pendampingan UMKM tingkatkan produksi

Baca juga: DI Pekalongan, Sandiaga janjikan kebangkitan ekonomi rakyat

Pewarta: Kutnadi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023