Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung siap mengamankan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dari KPU Bandarlampung ke jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kota ini.

"Kami siap amankan distribusi logistik Pemilu 2024 dan terus berkoordinasi dan komunikasi dengan KPU Bandarlampung," kata Kabag Ops Polresta Bandarlampung Kompol David Jeckson Sianipar, di Bandarlampung, Kamis.

Ia pun mengatakan bahwa Polresta Bandarlampung berkomitmen untuk membantu pihak penyelenggara pemilu agar bagaimana pesta demokrasi di kota ini berjalan aman dan lancar.

"Dalam rangka pengamanan pendistribusian logistik tentu kami sudah siagakan personel. Terkait yang disiagakan itu akan disesuaikan dengan tingkat kerawanannya," kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mempersiapkan lokasi gudang logistik di masing-masing wilayahnya sehingga saat pendistribusian logistik segala sesuatunya sudah siap.

"Kami sedang meminta PPK untuk mempersiapkan lokasi gudang logistik di masing-masing wilayah. Secara geografis tidak ada masalah untuk pendistribusian logistik ke PPK di Bandarlampung," kata dia.

Namun, lanjut dia, yang menjadi masalah yakni saat pendistribusian pada Februari 2024 diprediksi akan masuk dalam musim penghujan, oleh karena itu KPU meminta semua jajaran menyiapkan lokasi gudang di masing-masing kecamatan.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan polisi dan kejaksaan guna mengantisipasi dan mitigasi tentang kerawanan saat pengiriman logistik. Dimana esensinya saat mempersiapkan logistik yang harus dipersiapkan adalah tepat waktu, tepat jenis dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada hari pemungutan suara seperti adanya kegaduhan dimana persoalan utamanya adalah kekurangan surat suara," kata dia.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023