Makassar (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) lakukan pendampingan pada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar siap menjadi eksportir.

Tim Duta Transformasi DJBC Sulbagsel Ahmad Soleh dan Pelaksana Pemeriksa KPBC TMP Malili Muhammad Rasyid Nabil di Enrekang, Kamis, memberikan penjelasan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM agar nantinya bisa memasarkan produknya ke mancanegara.

"Kami aktif berkeliling kabupaten di semua wilayah kerja dan berinteraksi langsung dengan para pelaku UMKM. Kami memberikan pendampingan agar mereka bisa ekspor,” kata Soleh.

Dia mengatakan sinergi berkelanjutan untuk mendukung UMKM agar siap menjadi eksportir terus dilakukan Kanwil Bea Cukai Sulbagsel dengan menjalin kerja sama para pemangku kepentingan terkait.

Kegiatan bertajuk pelatihan dan pendampingan tahap dasar dan lanjutan UMKM Berorientasi Go Global, Bea Cukai Sulbagsel hadir sebagai salah satu narasumber kegiatan yang digagas bersama dengan Tim Duta Transformasi Bea Cukai Sulbagsel, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar serta Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo di bawah naungan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kominfo.

Soleh menjelaskan, dalam pelatihan itu dihadiri oleh 150 pelaku UMKM yang berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang.

"Setelah pelatihan akan dipilih 20 pelaku UMKM yang statusnya akan naik kelas untuk dilakukan pendampingan agar siap digitalisasi," katanya.

Soleh menyatakan pihaknya rutin menjalankan perannya dalam mendorong pelaku usaha untuk melebarkan usahanya ke pasar ekspor.

Dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, Bea Cukai fokus mengembangkan ekonomi berorientasi ekspor di berbagai daerah, serta berupaya memberikan berbagai kemudahan.

"Kampanye kami 'Ekspor itu mudah'. Ini yang terus kami kampanyekan saat bertemu dengan para pelaku UMKM dan pemerintah daerah," ucapnya.

Pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan mutu UMKM agar siap naik kelas ke level tertinggi dan siap bersaing di pasar global.


Baca juga: DJBC Sulbagsel aktif berikan asistensi kepada UMKM agar bisa ekspor



 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023