Saya mengapresiasi kerja cepat Pemerintah Provinsi DKI
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi DPRD DKI Jakarta William A. Sarana mengapresiasi gerak cepat jajaran Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang mampu menyelesaikan aduan masyarakat dari berbagai kanal sesuai target.

"Saya mengapresiasi kerja cepat Pemerintah Provinsi DKI dalam hal menindaklanjuti aduan warga serta menyelesaikannya," kata William kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

William menuturkan aduan warga dari berbagai kanal aduan itu sudah mencapai 96 persen dari target yang ditetapkan.

Dia menilai wadah layanan Cepat Respons Masyarakat (CRM) mengintegrasikan 13 kanal aduan resmi Pemprov DKI Jakarta sehingga laporan warga dapat ditindaklanjuti dengan cepat, tepat dan efisien.

Adapun, 13 kanal tersebut yakni aplikasi Jakarta Kini (JaKi), twitter DKI, facebook Pemprov DKI, surat elektronik melalui dki@jakarta.go.id, media sosial pribadi gubernur.
 
Kemudian layanan pesan singkat atau SMS 08111272206, pengaduan langsung di Pendopo Balai Kota Jakarta, kantor inspektorat, kantor wali kota, kantor camat, kantor lurah, aspirasi publik media massa dan lapor di 1708.
 
Masyarakat juga bisa mengakses laman https://crm.jakarta.go.id/ dan  Instagram @cepatresponjkt untuk memantau perkembangan dan jumlah laporan/pengaduan yang terkirim.

Dia juga menilai sejumlah kanal yang telah dibuka baik itu secara daring atau luring bermanfaat banyak bagi masyarakat untuk menyampaikan permasalahan dan keluhannya.

Maka dari itu, dia sangat mengapresiasi masyarakat dapat kembali mengadu di Balai Kota DKI Jakarta lantaran tradisi yang sebelumnya sempat hilang.

"Di zaman Pak Heru, masyarakat dapat lagi kembali mengadu langsung ke Balai Kota, saya sangat mengapresiasi tradisi ini kembali dilanjutkan," tuturnya.

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono setelah dilantik memimpin DKI Jakarta kembali mengaktifkan layanan pengaduan langsung salah satunya di Pendopo Balai Kota Jakarta sejak 17 Oktober 2022, setelah sebelumnya vakum sejak 2017.

Layanan langsung itu dibuka Senin-Jumat mulai pukul 08.00-09.30 WIB dengan dilayani perwakilan petugas masing-masing wilayah administrasi DKI Jakarta.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebutkan sebanyak 42.242 pengaduan atau 93,2 persen dari total 45.335 laporan selesai ditangani selama periode 17 Oktober 2022 hingga 27 Februari 2023.

"Sebanyak 93,2 persen telah selesai ditindaklanjuti dengan rata-rata waktu penyelesaian lima hari atau 110 jam," kata Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Andriansyah di Jakarta, Selasa.
Baca juga: Sudin Perhubungan Jaksel terima 292 pengaduan terkait parkir liar
Baca juga: Pemkot respon aduan warga terkait rumah yang diduga jadi sarang ular
Baca juga: Disdik DKI layani 26.091 orang di posko aduan PPDB DKI 2023

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023