Jakarta (ANTARA) - Kota Shanghai di China resmi akan menjadi tuan rumah dari ajang balap mobil listrik Formula E untuk kali pertama pada Mei 2024.

“Merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi Formula E untuk menggelar balapan pertama di Shanghai pada Mei mendatang,” kata CEO Formula E Jeff Dodds dalam keterangan resmi yang diterima pada Jumat.

Adapun Sirkuit Internasional Shanghai bakal menyambut para pembalap dunia dengan double-header yang berlangsung pada 25 dan 26 Mei tahun depan.

Balapan pertama Formula E di China diadakan di Beijing pada bulan September 2014. Sejak itu, China telah menyelenggarakan tujuh balapan mobil ramah lingkungan tersebut, termasuk di Sanya dan Hong Kong, dengan yang terakhir pada bulan Maret 2019.

“Kami akan menandai sepuluh tahun sebagai olahraga motor yang terus mendobrak batasan, termasuk menyelenggarakannya di Shanghai, mengingat China merupakan pemimpin global dalam pengembangan dan adopsi kendaraan listrik,” ujar Dodds.

Sependapat, Ketua Tim ERT Alex Hui mengatakan pihaknya antusias untuk musim mendatang, dimana mereka akan melakoni balapan di rumah sendiri.

“Sebagai tim China yang telah menjadi bagian dari Kejuaraan Dunia Formula E sejak awal, kami sangat bersemangat untuk berkompetisi dalam balapan kandang kami,” kata Hui.

“Semua orang di tim sudah bekerja keras untuk musim baru dan saya tahu pembalap kami Dan Ticktum dan Sérgio Sette Câmara berkomitmen untuk melakukan yang terbaik untuk fans lokal. Mereka sudah berada di simulator untuk berlatih di sirkuit Shanghai yang menantang,” imbuhnya.

Sementara itu, musim kesepuluh dari Formula E akan dimulai di Mexico City pada 13 Januari. Sebelum menjalani musim kejuaraan, para pembalap melakoni uji coba di sirkuit Valencia, Spanyol pada 23-27 Oktober ini.

Selain itu, Jakarta tidak masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim mendatang karena bersamaan waktunya dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurut keterangan resmi Formula E, Oktober, Jakarta dicoret dari kalender balapan musim kesepuluh itu karena pada balapan yang direncanakan digelar pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol tersebut bertabrakan dengan masa Pemilu 2024.

Baca juga: Tim balap dunia ungkap tantangan Formula E di Jakarta
Baca juga: Alberto selaku CCO paparkan alasan balap Formula E digelar dua kali


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023