Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di Facebook memperlihatkan rombongan mengenakan baju ASN bersiap memasuki bus.

Dalam unggahan tersebut dinarasikan bahwa Presiden Jokowi sedang merencanakan kecurangan Pemilu 2024 dengan menginstruksikan aparat desa memenangkan salah satu capres dan cawapres.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Dishare ke group lain biar rakyat jowi sdh merencanakan kecurangan pemilu 2024 mengintruksikan aparat desa utk memenangkan salah satu capres dn cawapres”

Namun, benarkah video Jokowi menginstruksikan aparat desa untuk menangkan salah satu capres tersebut?

 

Unggahan video disinformasi yang menarasikan Jokowi menginstruksikan aparat desa untuk menangkan salah satu capres. Faktanya, video tersebut merupakan perangkat desa Tulungagung untuk menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Jakarta. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan Tribunnews yang berjudul “697 Perangkat Desa Tulungagung Berangkat ke Jakarta, Ikut Silatnas PPDI”. Sebanyak 697 perangkat desa yang bergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) berangkat ke Jakarta, Selasa (24/1/2023). 

Pemberangkatan tersebut berkaitan dengan tiga tuntutan Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dari GOR Lembupeteng Tulungagung. Ketua PPDI Tulungagung, Suyono, mengatakan keberangkatan para perangkat ini untuk menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Jakarta. Para perangkat desa mengusung tiga tuntutan ke DPR dan pemerintah.

Dengan demikian, video yang dinarasikan Jokowi menginstruksikan aparat desa untuk menangkan salah satu capres merupakan keliru.

Klaim: Video Jokowi menginstruksikan aparat desa untuk menangkan salah satu capres

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Jokowi akan bentuk badan untuk pantau aktivitas ponsel masyarakat

Cek fakta: Hoaks! Jokowi disebut pecat lima menteri PDIP dicopot

Baca juga: Jokowi: Generasi milenial dan Z calon pemimpin masa depan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023