Batam (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura menggelar diskusi relevansi ASEAN dan ketangguhan regional mengenai Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023 berlangsung di KBRI Singapura pada 22 November 2023.

Duta Besar RI Singapura Suryo Pratomo dalam keterangan resmi yang diterima di Batam, Jumat menyampaikan bahwa tujuan dari penyelenggaraan diskusi tersebut adalah untuk diseminasi hasil Keketuaan Indonesia di ASEAN sekaligus mengidentifikasi dan merespon peluang dan tantangan yang akan dihadapi ASEAN di masa depan agar tetap relevan bagi rakyat ASEAN dan kawasan.

"Beberapa hal mengemuka dalam diskusi, antara lain, adanya konsensus yang solid mengenai pentingnya ASEAN menjadi proaktif dan responsif terhadap tantangan geopolitik maupun ekonomi dan pembangunan. ASEAN juga tetap penting (“matters”) secara ekonomi maupun politik, dan dengan segala tantangan yang dihadapi, terutama terkait Myanmar," kata Suryo.

Sementara itu, ia menambahkan relevansi ASEAN dipandang tergantung dari independensi dan netralitas ASEAN dalam merespon tantangan geopolitik global.

Diskusi yang dimoderatori oleh Aaron Connelly dari IISS ini menghadirkan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidarto Suryodipuro, Ambassador-At-Large Kemlu Singapura – Professor Tommy Koh, dan Koordinator ASEAN Studies Centre ISEAS – Yusof Ishak Institute – Sharon Seah.

Kata Suryo, acara diskusi yang berlangsung selama dua jam ini dihadiri oleh 13 duta besar negara anggota ASEAN dan Mitra Dialog, Mitra Dialog Sektoral, dan Mitra Pembangunan ASEAN, perwakilan Kementerian Luar Negeri Singapura, peneliti dari ISEAS – Yusof Ishak Institute, RSIS, SIIA, dan Centre for Humanitarian Dialogue, serta korps diplomatik dari negara anggota ASEAN dan Mitra Eksternal ASEAN.
Baca juga: Kemlu soroti upaya Indonesia memaknai keketuaan di ASEAN 2023
Baca juga: Indonesia serahkan tongkat keketuaan ASEAN ke Laos
Baca juga: Keketuaan Indonesia 2023 dorong ASEAN sebagai pusat pertumbuhan 


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023