Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan BMKG bersama instansi terkait melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) guna menyukseskan gelaran Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023.

"Berdasarkan pengamatan BMKG, terdapat kemungkinan cuaca ekstrem di lokasi STC, karenanya sama seperti gelaran internasional sebelumnya seperti KTT G20, BMKG bersama BRIN, BNPB, dan TNI AU melaksanakan skenario TMC di langit Biak," ujar Dwikorita dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Ia menyampaikan dari hasil rapat koordinasi dengan instansi terkait, operasi TMC dilangsungkan selama empat hari, yakni pada 21-24 November 2023. Sedikitnya 14 sorti dengan total bahan semai 14 ton garam ditaburkan di langit Biak Numfor untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

Baca juga: STC 2023 diharapkan kenalkan potensi Papua ke level internasional

Ia memaparkan BMKG bertugas menentukan awan dan titik koordinat semai NaCl atau garam. Penyemaian awan atau cloud seeding dilakukan di awan-awan hujan cumulus. Garam disemai bertujuan untuk mempercepat proses hujan agar segera terjadi sebelum memasuki lokasi kegiatan.

"Operasi TMC ini dilaksanakan guna memastikan acara berlangsung dengan lancar dan sukses tanpa gangguan berarti cuaca ekstrem. Apalagi, bulan November ini adalah awal musim hujan," tuturnya.

Kepala Pusat Meteorologi Publik, Andri Ramdhani menambahkan operasi TMC yang digelar BMKG bersama instansi terkait berhasil mengurangi hujan ekstrem di lokasi acara, sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar dan kondusif.

Disampaikan, puncak acara diselenggarakan di Kawasan Pantai Samau, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Sesuai prediksi BMKG, akan terjadi cuaca ekstrem di wilayah tersebut, sehingga operasi TMC langsung dilaksanakan, mengingat acara berlangsung di outdoor.

"Alhamdulillah, tepat pukul 08.30 WIT cuaca cerah berawan, padahal pukul 05.30 WIT hujan cukup deras terjadi," paparnya.

Baca juga: Basarnas siagakan 40 personel terlatih selama STC Biak

Baca juga: Pemkab Biak Numfor pastikan 11 kedubes hadiri STC Biak


Menurut Andri, keberhasilan operasi TMC tersebut, karena BMKG berhasil memprediksi dengan akurat cuaca di wilayah tersebut dan berhasil menentukan objek semai (awan), sehingga hujan dapat lebih dahulu diturunkan sebelum sampai di venue.

Sail Teluk Cendrawasih 2023 berlangsung sejak 21 November hingga 27 November 2023 di Biak Numfor. Adapun acara pembukaan dilaksanakan pada Kamis (23/11) yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Dalam acara ini juga digelar berbagai kegiatan kemaritiman, pameran UMKM, pentas seni budaya, pasar kuliner, hingga hiburan.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023