...kami akan menjalankan Kereta Luar Biasa (KLB) yang bisa digunakan oleh para peserta Tajemtra untuk menuju Stasiun Tanggul secara gratis.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menyediakan sebanyak 432 tiket gratis untuk peserta gerak jalan Tanggul-Jember tradisional (Tajemtra) yang berangkat dari Stasiun Jember menuju Stasiun Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (25/11).

"Sebagai bentuk sinergi antara KAI Daop 9 dengan Pemerintah Kabupaten Jember,  kami akan menjalankan Kereta Luar Biasa (KLB) yang bisa digunakan oleh para peserta Tajemtra untuk menuju Stasiun Tanggul secara gratis," kata Pelaksana harian Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Anwar Yuli Prastyo di Jember, Jumat.

Menurutnya satu rangkaian kereta api dengan kapasitas 432 tempat duduk akan diberangkatkan dari Stasiun Jember pukul 10.15 WIB dan akan tiba di Stasiun Tanggul pukul 10.50 WIB.

"Meskipun disediakan secara gratis, para peserta Tajemtra yang akan menggunakan kereta api tetap wajib memiliki tiket seperti pada umumnya," tuturnya.

Baca juga: KAI Daop Semarang siapkan 33 KA untuk libur Natal-Tahun Baru

Untuk mendapatkan tiket tersebut, lanjut dia, para peserta harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia dan peserta juga harus mengisikan nomor pendaftaran serta Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Hal itu untuk memastikan bahwa satu peserta hanya bisa memiliki satu tiket dan petugas KAI akan mencetakkan tiket sesuai dengan formulir yang telah diisi oleh peserta, sehingga masing-masing peserta akan duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada tiket," katanya.

Selain menyediakan angkutan gratis, lanjut dia, para pekerja KAI Daop 9 Jember juga akan ikut meramaikan Tajemtra yang digelar sebagai kegiatan tahunan sejak tahun 1977 tersebut.

"Saya berharap hadirnya angkutan kereta api gratis untuk mengangkut para peserta Tajemtra tahun ini dapat mengurangi kepadatan di jalan raya akibat banyaknya masyarakat yang berangkat menuju Tanggul dengan kendaraan pribadi," ujarnya.

Baca juga: KAI jamin keamanan data layanan "face recognition" di stasiun

Gerak jalan Tajemtra sepanjang 30 kilometer merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Jember dengan kearifan lokal, sehingga ribuan peserta selalu antusias mengikuti event tersebut.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023