Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama KAI Commuter meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui inovasi berbasis teknologi yakni aplikasi "Access By KAI" dan "C-Access".

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto menyampaikan bahwa aplikasi tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi dan peningkatan layanan KAl Group sekaligus sebagai wujud nyata sinergi BUMN guna memberikan nilai lebih kepada masyarakat pengguna transportasi kereta api.

"Masyarakat dapat semakin mudah dalam mengakses layanan KAI Group yang serba digital," kata Agus di Jakarta, Jumat.

Agus mengatakan, KAl Group berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu.

KAI juga bekerja sama dengan bank Mandiri dalam sistem pembayaran melalui sinergi antara super app Livin' by Mandiri dengan Access by KAI dan C-Access.

Menurut dia, inovasi tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan, khususnya menggunakan kereta api.

Ia pun berharap akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi massal kereta api untuk perjalanan komuter ataupun jarak jauh.

"Livin' ini sudah ber-partner dengan kita di KAI, lalu di C-Access ini kita teruskan. Tujuannya untuk memberikan kemudahan-kemudahan," ujarnya.

Agus juga menjamin keamanan data pelanggan melalui layanan aplikasi tersebut, lantaran KAI sudah mengimplementasikan Sistem Manajemen Keamanan Informasi berstandar internasional ISO 27001 tentang Standardisasi Manajemen Keamanan Informasi.

Selain itu, KAI juga secara rutin terus meningkatkan keamanan data yang dikelola oleh perusahaan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyampaikan bahwa C-Access menghadirkan kemudahan pengoperasian aplikasi bagi para penggunanya.

"Super apps yang sangat user friendly dan memiliki fitur-fitur baru yang memudahkan pengguna KRL untuk menikmati," katanya.

Ia mengatakan, terdapat fitur bernama "journey planner" yang bekerja sama dengan Google, di mana pengguna dapat dengan mudah mendapatkan lokasi dan informasi terkait stasiun, serta merencanakan perjalanan menggunakan KRL.

Tidak hanya itu, fitur tersebut juga memberikan informasi terkait kepadatan penumpang di stasiun terdekat.

"Bahkan bisa menunjukkan gerbong mana yang longgar, di situ ada indikator-indikator informasi," katanya.

Ia menambahkan, KAI Commuter akan melakukan pengenalan dan sosialisasi aplikasi tersebut melalui pergelaran musik "Mangkunegaran Garden Orchestra" di Surakarta, Minggu 3 Desember 2023 mendatang.

Kegiatan tersebut merupakan apresiasi yang diberikan KAl Commuter kepada pengguna commuter line.

Asdo berharap pergelaran orkestra ini bisa menciptakan ekosistem gaya hidup dalam menggunakan transportasi publik khususnya transportasi kereta api.

"ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari KAI Commuter kepada warga masyarakat Surakarta khususnya para pengguna yang ada di kota Surakarta dan sekitarnya," katanya.


Baca juga: KAI jamin keamanan data layanan "face recognition" di stasiun

Baca juga: KAI Daop Semarang siapkan 33 KA untuk libur Natal-Tahun Baru

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023