program SEB Pertamina ini sejalan dengan program pemerintah yang memberikan perhatian penuh dalam transformasi ekonomi hijau....
Palembang (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mempersiapkan generasi muda yang peduli lingkungan melalui Program Sekolah Energi Berdikari (SEB) di SMA Negeri 14 Palembang, Sumatera Selatan.

SMA Negeri 14 Palembang merupakan salah satu sekolah yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan akan menuju Adiwiyata Mandiri.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Zibali Hisbul Masih, di Palembang, Jumat, mengatakan program SEB Pertamina, dengan tema Energizing Sustainable Community yang bertujuan mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability), dan pemberian edukasi penggunaan energi baru terbarukan (EBT) untuk mendorong generasi muda memberikan dampak yang besar bagi lingkungan.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga lakukan penyesuaian harga LPG non-subsidi

Ia menjelaskan program SEB Pertamina ini sejalan dengan program pemerintah yang memberikan perhatian penuh dalam transformasi ekonomi hijau dan mencapai target Net Zero Emission pada 2060 dalam mengimplementasikan nilai-nilai Adiwiyata.

"Penerapan EBT melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus di bidang lingkungan juga dilakukan Pertamina, salah satunya melalui program Sekolah Energi Berdikari yang bertujuan mendukung pencapaian Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 14 Palembang, sekaligus melakukan instalasi EBT dan pendampingan pemanfaatannya. Melalui program ini, kami harapkan di tahun depan dapat tercapai sekolah Adiwiyata Mandiri," jelasnya.

Selain itu, program SEB juga melibatkan Perwira Pertamina dengan memberikan edukasi kepada pelajar SMA Negeri 14 Palembang tentang Creative Thinking, Responsible Lifestyle, dan Budaya AKHLAK untuk menciptakan generasi emas di masa mendatang.

Baca juga: Pertamina gunakan KRI salurkan BBM Nataru hingga daerah terpencil 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 14 Palembang Nyanyu Nurlaila mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pertamina baik solar panel maupun edukasi


“Alhamdulillah, SMA Negeri 14 Palembang telah berhasil mendapatkan Adiwiyata Nasional. Melalui bantuan yang diberikan Pertamina ini, dapat mendukung kami menuju sekolah Adiwiyata Mandiri," kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023