Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (24/11) dan masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Jokowi: Generasi milenial dan Z calon pemimpin masa depan

Presiden Joko Widodo menyebut generasi milenial dan generasi Z merupakan calon pemimpin masa depan yang dapat memberikan warna dan lompatan menuju Indonesia maju.

"Generasi milenial dan generasi Z merupakan calon pemimpin-pemimpin masa depan, yang dapat memberi warna dan lompatan menuju Indonesia maju yang berkemajuan," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya secara virtual di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023 yang diselenggarakan IDN Times di Jakarta, Jumat.

Silakan klik di sini.

2. Pengasuh Ponpes Nurul Qarnain Jember-Jatim dukung Mahfud Md

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Jember, Jawa Timur, KH. Yazid Karimullah menyatakan dukungan kepada tokoh nasional Mahfud Md., sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

"Tentang masalah (Pilpres) 2024, saya bulat memang saya pecinta penerusnya kiai Abdurrahman Wahid antara lain Mahfud Md. Jadi, saya mengatakan yang setulus-tulusnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Silakan klik di sini.

3. Menteri-legislator-kepala daerah maju pilpres tak wajib mundur

Menteri, anggota legislatif hingga kepala daerah tidak diwajibkan untuk mundur dari jabatannya jika maju sebagai calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2023 yang ditetapkan Presiden Joko Widodo tanggal 21 November 2023, sebagaimana dikutip di Jakarta, Jumat.

Silakan klik di sini.

4. Hak cuti menteri berkampanye Pemilu 2024 dibatasi sehari dalam sepekan

Pemerintah membatasi hak cuti bagi menteri aktif Kabinet Indonesia Maju yang ikut berkampanye Pemilu Serentak 2024 sebanyak sehari dalam sepekan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2023.

Hal itu dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Jumat.

"Ya, kan sekarang sudah ada peraturan yang baru," kata Ari Dwipayana.

Silakan klik di sini.

5. Wapres ajak pemimpin agama di Yunani akhiri konflik Israel-Palestina

Presiden RI Ma’ruf Amin mengajak pemimpin agama di Yunani untuk bersama memberikan kontribusi guna mengakhiri konflik Israel-Palestina.

"Konflik ini bukanlah konflik agama, namun dibutuhkan kontribusi bersama, termasuk dari pemimpin agama untuk penyelesaiannya,” kata Ma'ruf saat bertemu dengan Uskup Agung Athena dan seluruh Yunani, Ieronymos II di Athena, Yunani, Kamis waktu setempat.

Silakan klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023