Beijing (ANTARA) - Kualitas air di China mencatatkan peningkatan yang stabil dalam tiga kuartal pertama tahun ini, tunjuk data dari Kementerian Ekologi dan Lingkungan China.

Pada periode tersebut, proporsi air permukaan dengan kualitas tingkat III atau di atasnya, menurut sistem kualitas air lima tingkatan yang digunakan China, naik 0,8 poin persentase secara tahunan (year on year/yoy) ke angka 87,1 persen, menurut kementerian tersebut.

Sementara itu, proporsi air permukaan dengan kualitas tingkat V, yang merupakan level terendah, tercatat di angka 0,7 persen, lebih rendah 0,2 poin persentase dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kualitas air sungai, danau, dan waduk besar di China secara umum membaik pada periode Januari-September. Proporsi air dengan kualitas tingkat III atau di atasnya di Sungai Yangtze, Sungai Kuning, dan daerah-daerah aliran sungai besar lainnya meningkat 0,7 poin persentase (yoy) menjadi 89,2 persen.

Dari 209 danau dan waduk utama yang dipantau oleh pemerintah, 74,6 persen di antaranya tercatat memiliki kualitas air tingkat III atau di atasnya, naik 0,8 poin persentase dari tahun sebelumnya. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023