Ambon (ANTARA) - Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XX Maluku mengemukakan Festival Victoria 2023 upaya memantik kepedulian masyarakat terhadap Benteng Nieuw Victoria sebagai cagar budaya nasional di Ambon atau kebudayaan Maluku dalam lingkup lebih luas.

Kepala BPK Wilayah XX Maluku Dodi Wiranto di Ambon, Sabtu, mengatakan Benteng Nieuw Victoria ikon sejarah Kota Ambon yang perlu mendapat skala prioritas dalam pembangunan kebudayaan secara berkelanjutan di Maluku.

Oleh karena itu, BPK Wilayah XX yang berpusat di Kota Ambon mewujudkan semangat masyarakat Kota Ambon itu dengan Festival Victoria 2023.

Benteng Nieuw Victoria adalah bangunan peninggalan Portugis di pusat Kota Ambon, Provinsi Maluku. Benteng pertahanan tertua di Ambon ini dibangun pada 1575, pada masa pemerintahan Gubernur Gaspar de Mello.

Saat ini, Benteng Niew Victoria dikelola Kodam XVI/Pattimura dan berfungsi sebagai markas asrama TNI dan Markas Batalion Kavaleri Kodam XVI/Pattimura.

Baca juga: Gubernur: Festival Victoria dan FTBI lestarikan budaya dan bahasa

Ia menjelaskan Festival Victoria 2023 merupakan festival budaya yang menyinergikan pemanfaatan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Dengan substansi khusus berupa penguatan pemanfaatan Benteng Nieuw Victoria yang merupakan cagar budaya nasional, katanya, tempat itu menjadi ruang rekreasi dan pendidikan bagi masyarakat Kota Ambon.

"Melalui Festival Victoria kami mengajak masyarakat untuk ada bersama di pintu masuk benteng dan mengheningkan cipta bersama mengenang para pahlawan yang berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia," katanya.

Festival Victoria 2023 menghadirkan pergelaran budaya Maluku yang kaya dengan penampilan sanggar seni, antara lain berupa tarian dan musik tradisional.

Selain itu, terdapat wahana permainan tradisional gici-gici dan lemon nipis, pameran yang menjelaskan secara umum sejarah prakolonial, masa Islam, dan masa kolonial di Maluku.

Dalam pameran yang sama, program yang telah dilaksanakan BPK XX selama periode tahun berjalan diperkenalkan kepada masyarakat. Hal itu, sebagai wujud kepedulian BPK XX terhadap ekonomi Maluku.

Festival Victoria 2023 juga menyediakan wadah para pelaku UMKM yang bergerak di berbagai bidang usaha, seperti tenun ikat tradisional dan kuliner tradisional.

Baca juga: Benteng Nieuw Victoria terima sertifikat cagar budaya nasional
Baca juga: Disbud DKI lanjut teliti arsitektur benteng di Pulau Onrust
Baca juga: Kegiatan ekskavasi temukan struktur lama Benteng Hollandia di Banda

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023