insinerator merupakan teknologi canggih, sehingga tidak ada polutan yang keluar
Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Golkar DKI menyarankan penggunaan teknologi tungku bakar (insinerator) untuk mengolah sampah yang dinilai lebih ramah lingkungan.

"Perlu penanganan yang lebih modern, dengan menggunakan insinerator  misalnya," kata Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Zaki menuturkan insinerator merupakan teknologi canggih, sehingga tidak ada polutan yang keluar dan hasilnya bisa digunakan untuk lainnya seperti mengurus pantai yang rusak karena abrasi.

"Residunya itu bisa kita gunakan untuk mengatasi persoalan pantai yang nantinya kita timbun di tanah sehingga tidak mengganggu lingkungan," jelasnya.

Dia menyayangkan hingga kini sampah hanya ditimbun hingga akhirnya terbakar saat musim kemarau karena gas metana yang ada terpicu panas yang berlebih.

Terlebih, total volume sampah 2022 mencapai 3,11 juta ton dengan produksi 7.800 ton per hari tentu menjadi persoalan tidak mudah, maka dari itu dia memberikan sejumlah solusi yang pernah dilakukannya selama menjadi Bupati Tangerang dua periode 2013-2023.

Sebelumnya, dia menginisiasi program Kurangi Sampah Kita (Kurasaki) yang mendorong untuk mengurangi sampah di sekolah dengan tidak menyediakan tempat sampah.

"Program ini meminta siswa dan guru untuk membawa bekal dari rumah dan membawa tumbler (tempat minum)  agar tidak ada sampah plastik berserakan," ucap dia.

Selain itu, dia mencanangkan program lainnya yakni Kurangi Sampah Kantoran (Kurasakan) untuk mengatur penyajian atau jamuan makanan dan minuman dengan tidak menggunakan kemasan seperti kardus, plastik, dan stirofoam.

Lalu, Kita Peduli Permasalahan Sampah (Kipprah) dengan mendirikan 30 tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, recycle (TPS3R), 114 bank sampah, budidaya maggot, dan memproses pengolahan sampah dengan teknologi ramah lingkungan berupa Refuse Derived Fuel (RDF) dan insinerator.

Selain itu, Zaki juga diketahui yang menginisiasi diberikannya kapal interceptor dari Coldplay sejak 2021 lalu untuk menuntaskan permasalahan sampah di Sungai Cisadane.

"Kita harus berani ambil risiko jika ingin permasalahan sampah ini selesai," tutupnya.

Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar dipercaya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta yang berlangsung pada 27 November 2024. Arahan ini diputuskan langsung oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.
Baca juga: Memberdayakan sampah tekstil menjadi produk butik ternama
Baca juga: Jakbar bangun TPS 3R guna tingkatkan kualitas pengelolaan sampah
Baca juga: Ancol teken komitmen kurangi sampah plastik lewat program Dauri

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023