Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Meat di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu, dalam rangka peninjauan MEAT Art & Culture Festival 3.0.

Desa Meat merupakan desa wisata binaan Inalum dan juga unggulan. Karena di Kabupaten Toba ada beberapa desa wisata yang sudah menjadi daya tarik pariwisata kawasan Danau Toba.

“Saya melihat di desa wisata ini ekonomi kreatif tumbuh. Masyarakatnya juga semangat, dan ini juga salah satu side event dari Aquabike Jetski World Championship 2023,” katanya di sela-sela kunjungan ke desa tersebut.

Kehadiran Sandiaga Uno ke Desa Wisata Meat disambut masyarakat setempat dengan suka cita, bahkan ia dipakaikan Ulos Ragi Hotang.

Sandiaga Uno menyebutkan, ulos yang diberikan kepadanya memiliki banyak makna. Ulos tersebut juga sebagai simbol kasih sayang, kesuburan, dan kehidupan serta harapan, sejak dalam kandungan hingga meninggal dunia.

“Itulah filosofi dari Ulos Ragi Hotang yang saya kenakan, dan diberikan oleh masyarakat di Desa Wisata Meat ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan, arahan dari Presiden Joko Widodo bahwa 11 bulan terakhir tugas pihaknya di Kemenparekraf harus pastikan membangun motivasi dari masyarakat.

“Agar destinasi-destinasi wisata di Danau Toba bisa meningkat, memberikan manfaat, dan insya Allah berkat Tuhan menjadi saluran berkat bagi masyarakat, dan event ini harus kita dukung sepenuhnya, terima kasih,” katanya.

Ia mengharapkan ke depan masyarakat di Desa Wisata Meat dapat lebih sejahtera, ekonominya meningkat, biaya hidup yang selama ini membebani karena harga-harga bahan pangan mahal, dapat mereka atasi dengan peningkatan pendapatan.

“Kalau lihat dari ulos yang dihasilkan di Desa Wisata Meat ini, kelasnya sudah kelas yang sangat tinggi, dan value-nya juga bisa kita banggakan sebagai produk unggulan bagi desa wisata ini,” ujarnya.

Sementara Ketua Desa Adat Ragi Hotang, Guntur Sianipar mengungkapkan, ulos adalah kearifan lokal yang ada di Desa Wisata Meat. Sedangkan ulos yang diberikan dan dipakaikan ke Sandiaga Uno namanya Ulos Ragi Hotang.

“Maknanya itu, ragi adalah motif dan hotang adalah rotan. Jadi, rotan inilah kalau dulu untuk mengikat kayu, biasanya diberikan kepada pengantin, dengan makna supaya kuat dan berjalan tetap kuat sampai akhir,” katanya.

Baca juga: Toba jadikan ajang Aquabike 2023 sebagai investasi sport tourism
Baca juga: Bruno keluar sebagai juara dunia balap endurance jetski Aquabike 2023

Baca juga: Menparekraf optimistis jumlah wisman capai 11 juta hingga akhir 2023
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023