Beijing (ANTARA) - China pada Jumat (24/11) merilis sebuah dokumen bertajuk "Visi dan Aksi untuk Kerja Sama Sabuk dan Jalur Sutra Berkualitas Tinggi: Prospek yang Lebih Cerah untuk Satu Dekade Mendatang".

Dokumen tersebut disusun oleh Kantor Kelompok Utama untuk Mempromosikan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Office of the Leading Group for Promoting the Belt and Road Initiative).

Dalam sepuluh tahun mendatang, semua pihak akan didorong untuk berusaha mencapai kerja sama yang setara dan saling menguntungkan, serta memajukan kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra ke tahapan baru yang ditandai dengan pembangunan berkualitas tinggi, demikian disampaikan dalam dokumen tersebut.

Lebih lanjut, dokumen tersebut menetapkan lima tujuan untuk kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra.

Kelima tujuan itu adalah membangun jaringan konektivitas yang lebih lancar dan efisien, menjamin peningkatan kerja sama komprehensif dan praktis ke level yang lebih tinggi, meningkatkan rasa keuntungan dan kepuasan masyarakat di semua negara yang berpartisipasi, membangun sistem baru untuk mendukung ekonomi terbuka China pada tahap yang lebih maju, dan mempopulerkan visi komunitas global untuk masa depan bersama.

Koordinasi kebijakan, konektivitas infrastruktur, perdagangan bebas hambatan, integrasi keuangan, hubungan antarmasyarakat, dan kerja sama di bidang-bidang baru menjadi bidang utama dan arah bagi kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra dalam satu dekade mendatang, menurut dokumen tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023