Jakarta (ANTARA) - Walter Mazzarri meraih kemenangan pada laga perdananya kembali ke bangku kepelatihan Napoli pada Sabtu, saat sang juara bertahan Liga Italia itu menang 2-1 di markas Atalanta.

Pada pertandingan lainnya, AC Milan mempertahankan posisinya di peringkat ketiga di klasemen sementara dengan kemenangan 1-0 atas Fiorentina.

Eljif Elmas mencetak gol penentu kemenangan 11 menit sebelum pertandingan berakhir di Stadion Gewiss, Bergamo, setelah tandukan Khvicha Kvaratskhelia membuka keunggulan Napoli pada menit ke-44 berhasil disamakan oleh gol Ademoola Lookman bagi tuan rumah pada menit ke-53.

Gelandang Makedonia Baru Elmas mengemas gol kemenangan dengan memanfaatkan umpan pemain pengganti Victor Osimhen, setelah kiper Atalanta Marco Carnesecchi melakukan sapuan yang buruk. Hasil itu membuat Napoli bertahan di posisi keempat di klasemen sementara.

Tim asuhan Mazzarri masih tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen Inter Milan, yang akan melawat ke Turin pada Minggu (26/11) untuk menantang tim peringkat kedua sekaligus musuh bebuyutan, Juventus.

“Tim mendominasi semuanya pada musim lalu, memainkan sepak bola terbaik di Eropa dengan pemain-pemain yang tidak terbiasa berada di posisi tersebut. Akan terdapat sejumlah penurunan setelah itu,” kata Mazzarri seperti dikutip AFP.

Baca juga: Napoli pecat Rudi Garcia dan rekrut kembali Walter Mazzzarri

Mazzarri kembali ke Napoli pada pekan lalu setelah klub memecat Rudi Garcia. Ia kembali ke posisi yang ditinggalkannya lebih dari satu dekade silam, setelah menjadi orang pertama yang membawa klub terbesar di selatan Italia itu kembali mencicipi prestasi di sepak bola Italia.

Pria 62 tahun itu membawa Napoli menjuarai Piala Italia 2012 dengan menaklukkan Juventus pada pertandingan final. Itu merupakan gelar utama pertama bagi Napoli selama lebih dari dua dekade, serta finis di posisi kedua liga setahun kemudian sebelum kemudian direkrut Inter Milan.

Mazzarri lantas membawa pulang tiga poin pada Sabtu, saat timnya mampu bangkit dari gol penyama kedudukan Lookman dan lolos dari situasi tertinggal saat penyelesaian Mario Pasalic tidak disahkan akibat Teun Koopmeiners berada dalam posisi offside.

Semangat Mazzarri juga semakin besar dengan kepulihan Osimhen dari cedera otot hamstring, untuk dapat tampil pada pertandingan di markas Real Madrid pada ajang Liga Champions tengah pekan mendatang.

Napoli berada di posisi kedua di Grup C, tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Real, dan unggul tiga poin dari tim peringkat ketiga Braga, dengan dua pertandingan tersisa.

“Saya tidak perlu menjadi sosok yang berwenang di Napoli untuk tahu bahwa Osimhen adalah penyerang bagus. Saya telah melihat dia bermain. Saya harap ia dapat kembali ke performa terbaiknya secepatnya,” kata Mazzarri.

Gol Hernandez amankan kemenangan Milan

Napoli sempat untuk sementara berada di posisi ketiga, namun Milan kembali melampaui rivalnya itu berkat gol penalti Theo Hernandez untuk menaklukkan Fiorentina.

Pada pertandingan itu, pemain Milan lainnya, Francesco Camarda, juga mengukir sejarah sebagai pemain termuda yang bermain di Liga Italia, saat masih berusia 15 tahun.

Bek asal Prancis Hernandez dengan tenang mengeksekusi penalti menjelang turun minum, setelah ia dijatuhkan Fabiano Parisi di kotak terlarang.

Milan sendiri tampil kurang meyakinkan pada laga tersebut, ketika mereka tidak diperkuat sejumlah bintangnya seperti Olivier Giroud, Noah Okafor, dan Rafael Leao, meski mereka mampu mengamankan kemenangan pertama di liga dalam lima pertandingan.

Leao juga akan absen pada pertandingan Liga Champions melawan Borussia Dortmund pada Selasa, yang mungkin menyulitkan langkah Milan melaju ke fase berikutnya.

Baca juga: Penggemar Fiorentina dihukum pengosongan tribun karena yel-yel rasis

Absennya sejumlah pemain itu membuat pemain muda Camarda dipanggil memperkuat tim senior, dan ia dimainkan sebagai pemain pengganti saat laga tinggal menyisakan tujuh menit. Camarda menggantikan Luka Jovic yang sebelumnya sempat membuang peluang emas untuk mnmgukir gol perdananya bagi Milan.

“Kami dapat kembali memainkan sepak bola indah saat bintang-bintang kami kembali mulai mendapatkan hasil-hasil konsisten. Ada saat-saat di mana Anda perlu melakukan hal ini,” kata pelatih Milan Stefano.

Pada pertandingan lain, tim juru kunci Salernitana menang 2-1 atas Lazio. Tim ibukota Lazio memimpin terlebih dahulu melalui gol penalti Ciro Immobile pada menit ke-43, sebelum disamakan kedudukannya oleh Grigoris Kaslanos pada menit ke-55, dan kemudian Salernitana membalikkan situasi berkat gol penentu kemenangan dari mantan pemain Lazio, Antonio Candreva.

Lazio menghuni posisi kesepuluh dengan 17 poin setelah kekalahan keenam mereka di musim ini. Sedangkan meski mengukir kemenangan perdananya, Salernitana tetap tertahan di posisi ke-20.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023