Medan (ANTARA) - Sebanyak 30 peserta peserta paralayang memeriahkan ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

"Peserta itu datang dari berbagai daerah di antaranya Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sumatera Barat dan Sumatera Utara," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting saat dihubungi dari Medan, Minggu.

Ia melanjutkan ajang paralayang ini merupakan kegiatan tambahan dari kegiatan Aquabike Jetski World Championship 2023 yang dilakukan pada 24-25 November di Karo.

"Menariknya paralayang ini melakukan pendaratan di air Danau Toba yang memiliki keunikan tersendiri," tuturnya.

Ia menyatakan, peringkat pertama kategori senior ketepatan mendarat yaitu Sukmandi, kedua Syafrizal dan ketiga David Wisnu masing-masing dari Sumatera Barat (Sumbar).

Sedangkan untuk kelas junior ketepatan mendarat yaitu Hendra Saputra, peringkat kedua Afdhal Arif dan ketiga Ahmad Ifdal masing-masing dari Sumbar.

"Sementara untuk kategori water leanding peringkat pertama David wisnu dari Sumbar, kedua dua Syafrizal dari Sumbar dan ketiga Tommy Tommy munthe dari Sumatera Utara," ucapnya.

Dari ajang tambahan ini, Pemkab Karo mencatat pengunjung Aquabike Jetski World Championship 2023 mencapai 4.500 orang.

Munarta mengatakan jumlah pengunjung 4.500 itu didominasi oleh wisatawan lokal, hanya sedikit dari mancanegara yang hadir melihat aquabike maupun ajang tambahan seperti paralayang maupun Karo Music Camp.

Capaian 4.500 orang itu, menurut Munarta telah melewati target Pemkab Karo yang mendatangkan 2.000 wisatawan pada ajang aquabike dan ajang tambahan tersebut.

"Ya sudah melewati target, semoga ajang internasional ini terus berlanjut ke depannya di kawasan Danau Toba terutama di Kabupaten Karo," ucapnya.

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba pada 22-26 November 2023 turut dimeriahkan dengan pesta rakyat.

Serangkaian atraksi, pertunjukan budaya, festival kuliner dihadirkan bersamaan dengan perlombaan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Aquabike World Championship 2023 diselenggarakan di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba.


Baca juga: Aquabike 2023 bikin Toba kian melek sport tourism
Baca juga: Jessica rebut gelar juara dunia Ski Ladies GP1 di Toba
Baca juga: Menparekraf: Indonesia jadi penyelenggara terbaik olahraga air

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023