Dakwah bil hal lebih ditunjukkan melalui perbuatan nyata, salah satu caranya dengan korporatisasi usaha individu umat,"
Semarang (ANTARA Newsra) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengajak untuk memajukan ekonomi umat Islam, khususnya yang tinggal-tinggal di kawasan pedesaan melalui "dakwah bil hal".

"Dakwah bil hal lebih ditunjukkan melalui perbuatan nyata, salah satu caranya dengan korporatisasi usaha individu umat," katanya saat pidato ilmiah penganugerahan gelar doktor honoris causa (HC) di Semarang, Senin.

Tokoh kelahiran Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951 tersebut dianugerahi gelar doktor HC di bidang ilmu komunikasi dan penyiaran Islam oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang.

Dahlan memilih menyampaikan pidato ilmiah berjudul "Dakwah bil Hal: Korporatisasi Usaha Individu Umat Menuju Indonesia Maju atas penganugerahan gelar doktor HC itu secara langsung, tanpa membaca naskah.

Secara sederhana, kata Dahlan, korporatisasi usaha individu itu digambarkan dengan penyatuan usaha-usaha pribadi yang dimiliki petani, seperti sawah dan hewan ternak dengan pengelolaan secara bersama.

"Sekarang misalnya, setiap petani punya dua ekor sapi di rumah. Tingkat keekonomiannya kecil dan tidak bisa memberi penghidupan layak. Beda jika sapi-sapi yang ada dikumpulkan dan dikelola bareng," katanya.

Ia menyebutkan seandainya saja ada 500 sapi yang berhasil dikumpulkan dan dikelola masyarakat secara bersama tentunya akan memiliki tingkat keekonomian besar yang sanggup memberikan penghidupan warga desa.

"Air kencing dari 500 ekor sapi-sapi itu bisa dijual, kotorannya juga, dibangun sistem kandang yang baik. Beda jika hanya dua ekor sapi. Dengan ini, biaya pengelolaan sapi yang mahal bisa diatasi," katanya.

Penyatuan usaha itu, kata Dahlan, bisa dalam bentuk apa pun, seperti koperasi, tetapi yang terpenting membutuhkan peranan penggerak masyarakat, termasuk mubalig untuk mendorong semangat masyarakat desa.

Sementara itu, Rektor IAIN Walisongo Semarang Prof Muhibbin Noor menyampaikan Dahlan sangat tepat dianugerahi gelar doktor HC atas perannya dalam memberikan perubahan dan kemajuan di masyarakat selama ini.

"Beliau (Dahlan Iskan, red.) tadi menyampaikan pidato tanpa teks, tetapi apa yang disampaikannya sangat ilmiah. Tentang pentingnya korporatisasi usaha-usaha individu umat yang ada di desa," katanya.

Tampak hadir dalam acara penganugerahan gelar Dr HC kepada Dahlan Iskan itu jajaran pimpinan BUMN, antara lain Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Saiful Hadi dan Dirut Perum Perhutani Bambang Sukmananto. (KR-ZLS/H015)

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013