"Saya yang tadinya wakil gubernur naik menjadi gubernur, tentu di sisa waktu ini akan melanjutkan apa yang sudah kami lakukan selama ini,"
Jakarta (ANTARA) - Bridgen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution menyatakan keinginannya untuk menuntaskan seluruh visi-misi kepala daerah setempat, usai dilantik sebagai Gubernur Riau untuk sisa masa jabatan selama satu bulan ke depan.

"Saya yang tadinya wakil gubernur naik menjadi gubernur, tentu di sisa waktu ini akan melanjutkan apa yang sudah kami lakukan selama ini," kata Edy Afrizal Natar Nasution di Istana Kepresidenan Jakarta, usai dilantik menjadi Gubernur Riau sisa masa jabatan tahun 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo, Senin.

Ia mengatakan program kerja yang selama ini dijalankan merupakan visi dan misi yang dicanangkan mantan Gubernur Riau Syamsuar yang diselaraskan dengan program pemerintah pusat.

"Karena program yang kita lakukan tentunya itu merupakan visi dan misi Gubernur, Wakil Gubernur, dan Presiden," katanya.

Laman Pemerintah Provinsi Riau menginformasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019--2024 adalah "Terwujudnya Riau yang Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Indonesia (Riau Bersatu)".

Misi Pembangunan Provinsi Riau ditempuh dengan mewujudkan SDM yang berdaya saing, pembangunan infrastruktur daerah yang merata dan berwawasan lingkungan, pembangunan ekonomi inklusif.

Misi pembangunan juga ditempuh melalui perwujudan budaya melayu sebagai payung negeri dan mengembangkan pariwisata yang berdaya saing, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi.

"Mudah-mudahan itu bisa kami akhiri dengan baik dan saya juga tentu mohon doanya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Edy juga menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi untuk menjaga kondusivitas keamanan di Provinsi Riau di tengah situasi tahun politik 2024.

"Tadi beliau juga tanyakan bagaimana kondisi Riau dan saya katakan sampai saat ini masih cukup kondusif," katanya menceritakan percakapan dengan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi melantik Edy Afrizal Natar Nasution menjadi Gubernur Riau menggantikan Syamsuar yang mundur dari jabatan Gubernur Riau karena maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI di Pemilu 2024.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat hari ini pukul 10.30 WIB, dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Pewarta: Andi Firdaus, Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023