Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Nila di Desa Gelaranyar Kabupaten Cianjur Jawa Barat untuk meningkatkan minat wirausaha muda di sejumlah daerah Indonesia.

Asisten Deputi Karakter Pemuda Esa Sukmawijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, menyatakan Desa Gelaranyar dipilih karena memiliki potensi besar dengan menerapkan konsep pentahelix melalui kolaborasi berbagai instansi.

"Kami bahkan sudah merencanakan implementasi Sentra Pemberdayaan Pemuda ini semenjak beberapa tahun yang lalu ketika Kepala Desa hadir via daring pada kegiatan kami di Kemenpora. Kami melihat ada potensi konsep Pentahelix yang bisa dikolaborasikan di desa ini, antara pemerintah, akademisi, swasta, media, dan komunitas," kata Esa.

Pelatihan tersebut diselenggarakan dalam rangka implementasi Sentra Pemberdayaan Pemuda berbasis Desa/Kelurahan yang dikolaborasikan dengan Data Desa Presisi (DDP) oleh tim Universitas IPB.

Desa Gelaranyar sebelumnya juga pernah dipetakan oleh tim Universitas IPB melalui DDP. Hal tersebut sangat membantu untuk memetakan potensi dan problem solving di Desa Gelaranyar.

"Kami kolaborasikan pelatihan ini dengan Data Desa Presisi, dimana Tim Universitas IPB pernah memetakan kondisi desa Gelaranyar sebelumnya. Terlebih, Bapak Kepala Desa Gelaranyar juga sangat welcome dengan konsep DPP karena dapat memetakan potensi dan problem solving terhadap masalah kepemudaan di Desa Gelaranyar. Kami bersama Tim IPB akan kembali hadir ke sini untuk melakukan pembaharuan pendataan pada pertengahan bulan Desember," tambah Esa.

Kepala Desa Gelaranyar Jaenal sangat mengapresiasi kegiatan Kemenpora tersebut. Pasalnya, jarang sekali instansi pemerintahan yang segan untuk menggelar pelatihan di daerah terpencil, seperti Desa Gelaranyar.

"Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Kemenpora yang hadir di tengah kegelisahan para Pemuda di desa kami. Kegiatan yang diikuti 30 pemuda di desa kami ini sangat membantu para pemuda di sini untuk mencapai potensinya," kata Jaenal.

Dia mengatakam di Kecamatan Pagelaran, kebanyakan budidaya ikan Nila hanya sebatas untuk kebutuhan konsumsi pribadi dengan teknik konvensional. Dengan teknik pembenihan ikan Nila metode hormon Oodev dan sistem bioflok yang diajarkan dalam program Kemenpora ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemuda di desa tersebut.

Pelatihan ini menghadirkan Akademisi dan Pakar Perikanan Budidaya IPB University Agus Oman Sudrajat dan Ketua Duta Petani Milenial Sandi Octa Susila. Hadir pula Perwakilan Camat Pagelaran dan jajaran Asisten Deputi Potensi Kemandirian Pemuda.

Baca juga: Ajang Aquabike motivasi Kemenpora bentuk pelatihan jetski nasional
Baca juga: Komisi X apresiasi capaian program Kemenpora pada 2023
Baca juga: Pembinaan dan kompetisi kunci pemain U-17 tembus Piala Dunia senior


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023