Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggalakkan gerakan membangkitkan semangat berwirausaha kepada pemuda dan perempuan, guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memperkuat fondasi perekonomian negara.

"Pemuda dan perempuan merupakan potensi yang sangat luar biasa untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, oleh karena itu kita perlu mendorong mereka untuk berwirausaha," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Woro Srihastuti Sulistyaningrum dalam acara seminar nasional Replikasi Sukses UMKM dan Koperasi Bagi Wirausaha Perempuan dan Pemuda Indonesia di Jakarta, Senin.

Woro menegaskan bahwa mengembangkan wirausaha bukanlah tugas yang mudah, begitu pula dalam membicarakan koperasi.

Oleh karena itu, ia mengajak para perempuan dan pemuda untuk menghidupkan semangat dalam mendukung perkembangan wirausaha.

"Sebenarnya yang kita lakukan lebih ke arah membangun manusianya, manusianya itu antara lain perempuan dan pemuda di Indonesia," ujarnya.

Menurut dia revolusi mental tidak hanya terbatas pada lingkup yang kecil, melainkan berkaitan dengan upaya memperkuat karakter manusia agar memiliki semangat dan kesiapan dalam berwirausaha.

Baca juga: Pemuda harus berkolaborasi wujudkan transisi energi yang berkeadilan
Baca juga: Tingkatkan wirausaha muda, Kemenpora gelar pelatihan budidaya nila


Untuk membangkitkan semangat generasi muda dan perempuan dalam berwirausaha, kata dia, pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya.

Adapun upaya tersebut antara lain seperti sosialiasi dan edukasi tentang dunia wirausaha, pelatihan dan pendampingan, serta menggalakkan pengembangan ekosistem kewirausahaan.

Woro menambahkan pemuda dan perempuan yang hampir mencapai setengah dari jumlah penduduk Indonesia, merupakan potensi besar yang perlu dibangkitkan untuk berperan aktif dalam perkembangan dunia wirausaha di Indonesia.

Dia juga menambahkan ke depannya Kemenko PMK akan bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk memastikan terciptanya peluang pasar yang memadai bagi para wirausahawan muda.

"Jadi kami punya fungsi dan tugas masing-masing, untuk Kemenko PMK kita lebih fokus kepada pembangunan manusianya untuk berwirausaha, sedangkan untuk menciptakan pasar merupakan tugas dari Kemenko Perekonomian," kata Woro.

Baca juga: MenKopUKM memotivasi mahasiswa Unhas menjadi wirausaha muda 
Baca juga: ISEI: Digitalisasi jamin keberlanjutan UMKM perempuan dan pemuda

Pewarta: Rivan Awal Lingga
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023