13 calon haji yang telah melunasi BPIH tapi batal diberangkatkan akibat adanya pengurangan kuota 20 persen...
Nunukan (ANTARA News) - Calon haji Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara yang dipastikan berangkat ke Tanah Suci Mekah tahun 2013 hanya 86 orang.

Operator Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Salahuddin di Nunukan, Selasa menyebutkan dari 107 orang yang masuk daftar pemberangkatan haji tahun 2013, hanya 86 orang yang dipastikan berangkat setelah adanya pengurangan kuota 20 persen.

Ia menjelaskan pula bahwa 107 orang calon haji itu enam orang dinyatakan tidak mampu melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sesuai batas waktu yang telah ditentukan dan dua orang meninggal dunia.

Sedangkan 13 orang yang telah melunasi BPIH tetapi batal diberangkatkan akibat adanya pengurangan kuota akan ditentukan berdasarkan nomor porsi, katanya.

Salahuddin mengaku dari 100 calon haji yang telah melunasi BPIH tersebut telah merampungkan kelengkapan dokumen keimigrasiannyan (paspor) namun dengan adanya pengurangan kuota sebanyak 13 orang akan menjadi prioritas yang akan diberangkat tahun berikutnya (2014).

"13 calon haji yang telah melunasi BPIH tapi batal diberangkatkan akibat adanya pengurangan kuota 20 persen akan menjadi prioritas pada pemberangkatan tahun depan (2014)," terang dia.

Ia juga mengaku belum mendapat pemberitahuan mengenai pengurangan kuota 20 persen dari pemerintah pusat maupun Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur sehingga belum menyosialisasikannya kepada calon haji bersangkutan.

Pewarta: M Rusman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013