Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mendapat 2 medali dalam ajang Worldskills Competition (WSC) tingkat SMK di Leipzig, Jerman beberapa waktu lalu.

"Indonesia mengantongi 2 medali yaitu satu medali emas bidang Graphic Design Technology yang diperoleh Ganjar Satrio dari SMKN 3 Kasian-Bantul dan satu medali perak bidang Prototype Modeling yang diperoleh Andrie Safargi, dan 8 Medalion for Excellence," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mustaghfirin Amin, di Jakarta, Selasa.

Dengan perolehan tersebut, secara umum, Indonesia menempati peringkat 21 dari 47 negara yang mengikuti WSC ke-42.

Indonesia memberangkatkan 32 siswa SMK dari seluruh pelosok negeri untuk mengikuti ajang. yang diselenggarakan Worldskills International (WSI) tersebut.

"WSC dilaksanakan setiap dua tahun sekali di negara pelaksana yang telah ditetapkan berdasarkan kesepakatan para anggota WSI diwakili oleh Official Delegate (OD)," ujarnya.

Bidang yang diperlombakan, kata dia, di antaranya mobile robotic, mechanical engineering design, web design, industrial control, pastry cook, cooking, beauty therapy, dan hairdressing.

32 siswa peserta WSC merupakan hasil seleksi Lomba Keterampilan Siswa (LKS) yang telah mendapat pelatihan selama enam bulan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Malang, Jawa Timur.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013