harus terus menekan zionis Israel sekuatnya untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan di Gaza
Jakarta (ANTARA) -
Lembaga advokasi halal, Indonesia Halal Watch, menyerukan kepada masyarakat untuk menghindari produk-produk yang terafiliasi Israel, sebagai bentuk dukungan bagi masyarakat di Gaza, Palestina.
 
"Masyarakat Indonesia harus terus menghindar dari produk-produk yang terafiliasi zionis Israel. Ini bagian terpenting bagi membangun solidaritas dan sense of Humanity kita sebagai bangsa yang beradab sesuai nilai sila kedua Pancasila," ujar Pendiri Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 
Ikhsan mengatakan perbuatan keji Israel yang menginjak-injak hukum humaniter internasional yang dijunjung tinggi oleh Indonesia dan dunia Internasional, harus dilawan dengan gerakan boikot produk yang terafiliasi zionis.
 
"Pemerintah, bersama dunia usaha dan masyarakat Internasional harus terus menekan zionis Israel sekuatnya untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan di Gaza," kata dia.

Baca juga: Menag: Fatwa haram beli produk Israel bentuk solidaritas kemanusiaan
Baca juga: Kemendag: Penyusunan daftar produk pro Israel harus selektif

 
Menurutnya, peranan yang dapat dilakukan selain yang telah dilakukan melalui diplomasi oleh Presiden dan Menteri Luar Negeri. MUI telah memberikan dukungan moral melalui Fatwa Nomor 83 tahun 2023 yang saat ini terus diikuti oleh masyarakat.
 
Diplomasi perdagangan juga sangat diperlukan guna menguatkan tekanan melalui instrumen hukum yakni UU No 33 Tahun 2014 tentang UU Jaminan Produk Halal yang saat ini telah menjadi UU No 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja.
 
Pada ketentuan Pasal 4, kata dia, mengatur bahwa semua produk yang masuk dan beredar di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. Ketentuan mandatori sertifikasi halal ini akan jatuh tempo pada tanggal 24 Oktober 2024.
 
"Regulasi halal Indonesia tersebut dapat dijadikan daya tekan bagi produk bermerek global untuk mengikat hukum Indonesia," kata dia.

Baca juga: PBNU: Boikot produk pro Israel penting untuk raih perhatian politik
Baca juga: MUI keluarkan daftar merek produk Israel yang diharamkan, benarkah?
 
Menurutnya, MUI dapat mempertimbangkan untuk mengeluarkan ketentuan kepada siapapun pemohonan fatwa produk halal, agar bagian dari keuntungan yang didapat dari penjualan produk dari merek-merek dagang Internasional tidak boleh dipergunakan untuk mendukung agresi militer Israel.
 
"Fatwa MUI dapat dijadikan instrumen hukum bagi gerakan boikot atas produk yang terafiliasi zionis Israel di seluruh dunia, demi menyelamatkan manusia dan nilai-nilai kemanusiaan," katanya.

Baca juga: Rektor UIN Ar-Raniry dukung fatwa boikot produk Israel
Baca juga: MUI: Fatwa dukungan Palestina momentum kebangkitan produk lokal

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023