Tidak ada kata mundur. Kami akan maju terus. Kalau dihalangi, (maka) di depan itu akan (kita) tabrak.
Merauke (ANTARA) - Calon presiden Republik Indonesia 2024 Ganjar Pranowo menjadikan Merauke di Papua Selatan, dan Sabang di Aceh sebagai titik awal kampanye untuk pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud MD pada Selasa.

"Saya akan menjemput matahari terbit di Merauke. Sementara Pak Mahfud akan mengawali kampanye di Sabang," ujar Ganjar dikutip dari akun media sosialnya, Selasa.

Merauke adalah wilayah ujung timur Indonesia sedangkan Sabang berada di ujung barat. 

Informasi yang dihimpun di Merauke, Selasa, menyebutkan Ganjar dan tim akan tiba di Bandar Udara Internasional Mopah di Kabupaten Merauke, Papua Selatan pada pukul 07.00 WIT.

Dari sana, calon presiden dengan nomor urut 3 itu dijadwalkan untuk bertolak ke Distrik Semangga dengan agenda menemui tiga kepala desa serta masyarakat di Waninggap Nango, Matara, dan Urumb.

Jalan penghubung menuju tiga desa itu akan dilalui Ganjar, apa pun aral melintang, meskipun aspal jalan rusak berat tetap diterjang demi bisa menemui warga desa asli Papua di wilayah Distrik Semangga itu.

"Tidak ada kata mundur. Kami akan maju terus. Kalau dihalangi, (maka) di depan itu akan (kita) tabrak," kata Ganjar.

Di Distrik Semangga pula, Ganjar akan melakukan video telekonferensi dengan calon wakil presiden Mahfud MD yang berkampanye di Sabang, Aceh, sekitar 10 menit, dari pukul 10.30 WIT (pukul 08.30 WIB) sampai pukul 10.40 WIT (pukul 08.40 WIB).

Setelah itu, pukul 12.00 WIT, Ganjar akan meninggalkan Distrik Semangga untuk bertolak ke Distrik Sota, distrik yang berada di garis terdepan NKRI yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Papua Nugini.

Sota juga merupakan titik 0 km Merauke-Sabang yang ditandai dengan taman minimalis dengan pajangan besar angka 0 KM Merauke-Sabang' yang menjadi destinasi wisata setempat.
 
Dari Kabupaten Merauke, perjalanan sejauh 80 km menuju Sota dapat ditempuh dalam waktu sekira satu setengah jam, melewati Kampung Wasur dan kawasan Taman Nasional Wasur.

Di Sota, Ganjar dijadwalkan untuk mengikuti deklarasi persatuan bersama semua suku di Papua Selatan seperti Marind, Muyu, Mandobo, Awyu, Mappi, dan Asmat.

Dengan adanya deklarasi persatuan, harapannya adalah suara suku-suku, kelompok perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas, semua dapat diperdengarkan.

Adapun jadwal kampanye Ganjar di Merauke selanjutnya adalah melakukan konsolidasi relawan Ganjaris di Papua serta menemui Uskup Agung, tokoh agama, dan tokoh pemuda, di sejumlah tempat berbeda-beda. Agenda terakhir dijadwalkan berakhir pukul 20.40 WIT.

Pada Rabu (29/11) paginya, Ganjar juga memiliki kegiatan bersama tim pemenangan daerah (TPD) pasangan Ganjar-Mahfud MD dan calon anggota legislatif di Papua Selatan, sebelum melakukan penerbangan kembali ke Jakarta.

KPU RI pada Senin (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Prabowo-Gibran memilih bekerja pada hari pertama kampanye Pemilu 2024
Baca juga: Anies: Tim Hukum Nasional AMIN bentuk tanggung jawab kepada rakyat

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023