Jakarta (ANTARA) -
Ibu-ibu atau "emak-emak" berbaju gamis spanduk, bersiap menyambut kedatangan calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan di Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara pada Selasa pagi.

Tidak seperti baju gamis pada umumnya, seratusan relawan ini menggunakan spanduk yang dibentuk seperti gamis untuk menutupi seluruh tubuh para ibu yang berhijab.

Anies direncanakan memulai kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 atau "kick off" di Kecamatan Koja, Jakarta Utara.
 
Koordinator Badan Koordinasi Saksi dan Relawan (Bakorsi) wilayah Jakarta Utara Suwarni mengatakan bahwa ide itu lahir dari ibu-ibu relawan Anies-Muhaimin yang ingin tampil beda dari biasanya.
 
"Ini memang rancangan dari kami biar ada perubahan dan untuk menyambut Anies. Dimana-mana kan biasanya kaos saja jadi ini ide kami sendiri aja," kata Suwarni saat bersiap menyambut kedatangan Anies pada hari pertama masa kampanye di salah satu kafe di Jalan Perjuangan Raya.
 
Tampak baju yang panjangnya semata kaki atau lebih menyerupai kemeja dengan potongan longgar tersebut bertuliskan "Indonesia Adil dan Makmur Untuk Semua" serta foto Anies-Muhaimin di bagian depan dan belakang.
 
Seorang relawan Ida Ningsih mengaku senang menggunakannya karena unik dan berbeda dari yang lain.
 
"Enak saja dipakai dan terlihat menarik," kata Ida.
 
Sementara itu, calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan akan mengawali kampanye hari pertama di Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara (Jakut) pada Selasa pagi.
 
Anies dijadwalkan melakukan kampanye di Jalan Perjuangan Raya pukul 10.00 WIB, setelah sebelumnya berpamitan dengan keluarga di rumahnya Jalan Lebak Bulus Dalam II, Jakarta Selatan.
 
Setelah sungkeman atau memohon restu sekitar pukul 08.00 WIB Anies yang berkampanye tanpa didampingi pasangannya yaitu Cawapres Muhaimin Iskandar, dijadwalkan langsung bergerak menuju lokasi kampanye tersebut.
 
Di wilayah Utara ibukota tersebut, Anies akan bertemu dengan relawan dan masyarakat sekitar untuk saling bertukar sapa.
 
Diketahui, KPU RI pada Senin (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies memulai hari pertama kampanye dengan meminta doa ke ibunda
Baca juga: Capres Anies Baswedan awali kampanye hari pertama di Jakarta Utara

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023