Shenzen, China (ANTARA/PRNewswire)- Memenuhi kebutuhan pengembangan smart campus di Macau SAR, Tiongkok, CTM bermitra dengan Huawei dan Macau University of Science and Technology (M.U.S.T.) untuk membangun Smart Campus Private Network pertama di Macau SAR, Tiongkok. Proyek ini juga menjadi solusi lintaswilayah pertama antara Tiongkok Daratan dan Macau SAR, Tiongkok, memanfaatkan keamanan jaringan CTM 5G sehingga mewujudkan jaringan seluler yang terlindungi bagi aktivitas penelitian ilmiah di M.U.S.T.

Mengandalkan solusi inovatif 5G Mobile VPN dari Huawei, 5G Smart Campus Network membantu dosen dan mahasiswa mengakses intranet kampus secara aman dengan kecepatan tinggi, terlepas dari lokasi fisik mereka, lewat jaringan 5G. Jaringan tersebut menjamin data tetap berada dalam jaringan privat milik kampus sehingga mengoptimalkan proteksi atas data sensitif. 5G Mobile VPN memfasilitasi kegiatan riset akademik dan meningkatkan pengalaman pengguna. Lebih lagi, solusi ini memperluas dukungan untuk international roaming agar mempermudah akses intranet kampus bagi dosen dan mahasiswa di luar negeri.

Solusi ini juga mendukung riset ilmiah dalam proyek satelit Macau Science-1. Lebih lagi, 5G Mobile VPN mengatasi keterbatasan metode transmisi data saat ini antara ground station dengan membangun 5G Private Network lintaswilayah. Meningkatkan kecepatan, keamanan, dan pita lebar yang besar, solusi ini turut menambah akurasi dan efisiensi pengumpulan data planetary magnetic field dalam proyek satelit Macau Science-1. Dengan demikian, 5G Mobile VPN mendukung tim riset yang berada di M.U.S.T. di Macau SAR, Tiongkok, serta ground station yang berada di Xi-An dan Ning-Bo, Tiongkok Daratan. Aplikasi 5G yang penuh terobosan ini tidak hanya berkontribusi terhadap riset luar angkasa di Macau, namun juga mendukung kesuksesan Macau SAR, Tiongkok, di ajang kompetisi antarkota.

Proyek ini berhasil meraih hadiah pertama dalam "Bloom Cup" 5G Application Competition keenam yang digelar Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi, Republik Rakyat Tiongkok, serta memenangkan "Best International Application Award" di antara proyek lain yang berlangsung di 23 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Dr. Tong Ka Lok, Vice-President, M.U.S.T., menilai, "5G Smart Campus" merupakan proyek inovasi yang memadukan teknologi 5G dan infrastruktur kampus, serta membuktikan upaya mempromosikan dan menerapkan teknologi 5G di Macau SAR, Tiongkok. Maka, M.U.S.T. terus meningkatkan investasi pada infrastruktur informasi, mendirikan pusat data modern, serta mengembangkan arsitektur sistem platform berukuran besar dan micro-services. Di sisi lain, M.U.S.T. mewujudkan jangkauan jaringan Wi-Fi 6 di seluruh kampus sebagai basis pembangunan "5G Smart Campus".

Menurut Ebel Cham, Commercial Vice-President, CTM, sejak peluncuran layanan 5G, CTM telah memopulerkan skenario aplikasi pintar dalam integrasi 5G cloud network melalui infrastruktur komprehensif kota pintar "Three Networks, Four Centers and One Platform". Kolaborasi ini meningkatkan aspek keamanan dan kemudahan ketika pengguna terhubung dengan intranet dan aplikasi kampus pada jaringan CTM 5G di Macau SAR, Tiongkok. Di sisi lain, CTM akan menghapuskan penggunaan data 5G saat terkoneksi dengan intranet dan aplikasi 5G di Tiongkok Daratan, Macau SAR, Tiongkok, serta Hong Kong SAR, Tiongkok.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023