Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menilai pemahaman nelayan soal iklim dan cuaca penting dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan pemahaman iklim dan cuaca menjadi acuan penting bagi masyarakat, terutama nelayan demi mendukung nawacita ketahanan pangan pemerintah.

Baca juga: Melacak perubahan iklim dari ikan tuna

“BMKG mendukung peningkatan pemahaman cuaca dan iklim kepada nelayan, pengoptimalan informasi cuaca dan iklim terhadap penyuluh nelayan dan dinas terkait agar informasi yang diberikan dapat dipahami dengan baik," ujarnya secara daring dalam kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) yang diselenggarakan Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru di Balai Sri Bunga Tanjung Kota Dumai, Riau.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo menambahkan informasi yang diperoleh para nelayan dapat membantu untuk beradaptasi terhadap dampak fenomena iklim ekstrem.

"Dengan potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki Provinsi Riau, kegiatan SLCN ini diharapkan dapat membantu nelayan dalam memahami cuaca maritim dan yang terpenting dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan melalui data-data yang diberikan BMKG melalui Ina-WIS," tuturnya.

Kepala Stasiun Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Ramlan mengatakan SLCN dapat memperkuat peran kelompok nelayan, penyuluh, dan instansi terkait dalam menyebarkan informasi cuaca dan iklim BMKG kepada nelayan.

Baca juga: Nelayan di Bangka diberi edukasi informasi iklim BMKG pusat

Baca juga: BMKG bekali kemampuan iklim maritim kepada nelayan Lembata


Nantinya, kata dia, para peserta berperan sebagai agen BMKG yang meneruskan dan menyebarluaskan informasi peringatan dini, informasi cuaca, dan iklim BMKG kepada para nelayan maupun masyarakat yang belum mengikuti pelatihan dan belum mengetahui informasi BMKG.

"SLCN ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan nelayan terhadap informasi cuaca maritim guna mendukung kegiatan sektor perikanan dan kelautan," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023