Jakarta (ANTARA) - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang menggelar kampanye perdananya di Kota Merauke, Papua, mendapat sambutan hangat saat mendarat di Bandara Internasional Mopah, Merauke, Selasa.

Ratusan warga sudah berkumpul di pintu kedatangan, sejak pagi hari menyambut Ganjar dengan menyajikan tari Tibe khas suku Asmat, lengkap dengan pakaian adatnya. Mereka kemudian menyematkan noken dan mahkota kepada Ganjar.

Wakil Ketua Ikatan Mahasiswa Asmat Marselus Yamkai mengatakan bahwa warga dan mahasiswa Papua sangat antusias menyambut kedatangan Ganjar. Sebab, politikus berambut putih itu memiliki kedekatan dengan Papua.

"Dari Capres yang ada, hanya Pak Ganjar yang sering berkunjung ke Papua. Teman-teman sangat antusias menyambut beliau," kata Marselus dalam siaran pers Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Jakarta, Selasa.

Marselus menambahkan Ganjar bukan hanya sekedar berkunjung namun sangat peduli dengan Papua. Seperti perhatiannya kepada mahasiswa asal Papua yang menempuh pendidikan di Jawa Tengah, saat Ganjar masih menjabat sebagai Gubernur.

"Beliau sangat peduli terutama pendidikan dan mahasiswa asal Papua," paparnya.

Oleh karena itu mahasiswa dan warga Papua terutama di daerah Merauke sangat antusias menyambut kedatangan Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu.

"Iya, kami siapkan dengan baik. Teman-teman senang bisa menyambut Pak Ganjar," tuturnya.

Ke depan, Marselus yakin dunia pendidikan bisa maju dan berkembang di tangan Ganjar Pranowo.

"Kami yakin Pak Ganjar bisa membangun pendidikan dengan baik, kalau nanti menjadi Presiden," tuturnya.

Untuk diketahui, pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mulai menggelar kampanye hari ini, sesuai yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ganjar membuka kampanye di Merauke, sedangkan Mahfud MD di Sabang. Artinya pasangan yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Perindo dan Hanura itu telah menarik garis persatuan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
Baca juga: Ganjar menjadikan Merauke dan Sabang sebagai titik awal kampanye
Baca juga: Ganjar-Mahfud andalkan kegiatan positif untuk cari pendukung
Baca juga: Semangati relawan, Ganjar: Mulai besok tidak ada kata mundur

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023