Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Jerman U-17 Christian Wueck mengatakan mental akan menjadi kunci timnya menorehkan sejarah di pergelaran Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Jelang partai semifinal melawan Argentina U-17 di Stadion Manahan, Solo, Selasa pukul 15.30 WIB nanti, skuad Jerman memiliki kesempatan besar untuk mengukir sejarah baru sebagai satu-satunya negara asal Eropa yang pernah menjuarai ajang Euro U-17 dan Piala Dunia U-17 pada tahun yang sama.

Pada jumpa pers jelang pertandingan, Senin (27/11), tentang kesempatan menorehkan sejarah baru itu, Wueck mengatakan ia dan anak-anak asuhnya sama sekali tidak merasakan tekanan.

"Kami tidak tertekan sama sekali. Saya rasa ini justru sebaliknya. Kami belum pernah menjadi juara Piala Dunia U-17. Di kejuaraan ini, kami juga datang dengan status sebagai juara Euro U-17 2023," kata Wueck, melansir dari keterangan resmi, Selasa.

"Kami ingin tetap bertahan di kejuaraan ini dan melaju sejauh mungkin. Kami tidak menghadapi tekanan. Saya yakin para pemain muda ini bisa mengatasinya meskipun lawan kami memang kuat," ujarnya menambahkan.

Terkait laga semifinal melawan tim yang menyingkirkan juara bertahan Brazil di perempat final itu nanti, Wueck menuturkan bahwa mental akan menjadi faktor kuat penentu lolos ke partai final Piala Dunia U-17 2023 yang bakal dihelat awal Desember mendatang.

"Saya pikir mental akan menjadi aspek penting yang akan dilihat banyak orang dari Timnas Jerman U-17. Dan ini yang ingin kami capai. Saya pikir kami berada dalam situasi dan rencana yang benar di Piala Dunia U-17 2023," tuturnya.

Sementara itu, kapten Jerman Noah Darvich, juga menegaskan pentingnya aspek mental pada pertarungan nanti dimana aspek psikologis ini yang akan menjadi modal timnya untuk menumbangkan Claudio Echeverri dan kawan-kawan di semifinal.

"Soal peluang masuk ke final, saya tidak tahu. Namun, tentu saya akan senang jika kami bisa mencapainya. Yang bisa kami lakukan ialah kami butuh mentalitas seperti disebutkan pelatih. Itu sesuatu yang mengidentifikasi kami dan itu yang akan kami bawa pada laga nanti," ujar sang kapten.

Baca juga: Preview Argentina vs Jerman: pembuktian dua bocah ajaib
Baca juga: Penyerang Jerman U-17 Max Moerstedt idolakan Lewandowski dan Haaland

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023