Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Adnan Taufiq mengatakan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum berkampanye di hari pertama masa kampanye Pilpres 2024 karena keduanya masih menjalankan tugas mereka sebagai menteri pertahanan dan wali kota Surakarta.

"Ya, memang pertama ini hari pertama kampanye, mereka juga statusnya masih ada yang menteri, ada yang wali kota; masih ada beberapa hal yang harus dibereskan di bidangnya masing-masing," kata Adnan saat kegiatan pembagian susu dan makanan gratis di Jakarta, Selasa.

Adnan mengatakan ke depannya pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 tersebut akan turun langsung ke lapangan untuk berkampanye, termasuk membagikan susu dan makanan gratis untuk anak-anak sebagai upaya pencegahan prevalensi kekerdilan pada anak atau stunting, sebagai salah satu program kerja mereka.

"Sehingga, nanti ke depannya, beliau bisa turun; karena kan kalau turun juga harus mengajukan cuti dan lain-lain," jelas Adnan.

Baca juga: Prabowo berkantor seperti biasa pada hari pertama kampanye

Dia menambahkan Prabowo-Gibran sudah mengajukan izin cuti untuk bisa berkampanye langsung ke tengah masyarakat.

"Sudah, sudah; sudah diurus (izin cuti). Saya belum monitor, tapi sudah diajukan, sepertinya sudah (mendapatkan cuti)," tambahnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKD Prabowo-Gibran bagi makan siang susu gratis di kampanye perdana

Pewarta: Fauzan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023