Tiap Kamis malam kami kumpul jam 19.30, lalu lari mulai 20.00 di seputaran Gelora Bung Karno, Senayan"
Jakarta (ANTARA News) - Bulan Ramadhan ternyata tidak menutup kesempatan komunitas lari dan jogging Indo Runners untuk terus melakukan kegiatan rutinnya berolahraga.

Penggagas Indo Runners Reza Puspo saat dihubungi di Jakarta, Rabu, mengatakan komunitas itu akan tetap menyelenggaran kegiatan rutin Thursday Night Run (Lari Kamis Malam) Edisi Ramadhan Night sepanjang bulan suci tahun ini.

"Thursday Night Run awalnya memang dilakukan bulan Ramadhan dua tahun lalu. Tahun ini kami teruskan tradisi kumpul-kumpul dan lari dengan nama Thursday Night Run Edisi Ramadhan Night," katanya.

Dijelaskan Reza, gelaran lari bersama yang awalnya bernama Ramadhan Night Run itu ternyata merebut animo masyarakat yang sangat besar. Kegiatan lari yang dilakukan tiap Kamis malam itu pun akhirnya terus dilakukan dan berganti nama menjadi Thursday Night Run yang rata-rata diikuti sekitar 60-100 orang pelari.

"Biasanya kalau untuk yang di Jakarta, tiap Kamis malam kami kumpul jam 19.30, lalu lari mulai 20.00 di seputaran Gelora Bung Karno, Senayan. Jaraknya sekitar 5 kilometer," katanya.

Tak hanya di Jakarta, kegiatan yang sama juga dilakukan di beberapa kota lainnya seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Reza juga mendorong kegiatan tersebut di kota lainnya untuk mendorong terciptanya budaya lari kepada masyarakat.

"Memang ada dua kegiatan, yakni Thursday Night Run dan Sunday Morning Run. Thursday Night Run memang cukup populer," katanya.

Selain kegiatan lari rutin, komunitas yang memiliki lebih dari 10.000 teman dan follower di media sosial Facebook dan Twitter itu juga menggelar acara Lari Untuk Amal Sosial (LUAS) sebagai wadah untuk berbagi.

Tak tanggung-tanggung, komunitas itu bahkan pernah bekerjasama untuk pembangunan perpustakaan di Sleman dan rumah sakit umum di Palangkaraya, Kalimantan Tengah termasuk memberikan donasi daging qurban memperingati hari raya Idul Adha.

"Tahun ini kami juga akan bekerjasama dengan lembaga sosial untuk penyaluran kegiatan amal tersebut. Jadi bisa lari sambil berbagi," katanya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013