Keterlambatan pengiriman suplai BBM ke sejumlah SPBU tersebut bisa disebabkan kemacetan lalu lintas pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran.
Semarang (ANTARA News) - PT Pertamina menyiapkan 17 SPBU kantong yang ditempatkan di sejumlah lokasi di sepanjang jalur mudik di Provinsi Jawa Tengah pada Lebaran 2013 untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman akibat lonjakan permintaan bahan bakar minyak (BBM).

"Keterlambatan pengiriman suplai BBM ke sejumlah SPBU tersebut bisa disebabkan kemacetan lalu lintas pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran," kata Asisten Manager External Relation PT Pertamina Jateng-DIY Robert Marchelino, di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Robert usai menghadiri rapat koordinasi ekonomi, keuangan, dan industri daerah Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kesiapan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1434 Hijriah.

Rapat koordinasi dipimpin Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo yang berlangsung di Gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang itu dihadiri perwakilan kepolisian, TNI, kejaksaan, dan kepala daerah di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Lebih lanjut ia menjelaskan, SPBU kantong adalah mobil tangki yang terisi BBM yang ditempatkan di SPBU tertentu yang jarak tempuhnya cukup jauh dan diprediksi ada kendala saat proses pengiriman.

"Kita baru tentukan titiknya saja terkait dengan SPBU kantong, sedangkan untuk kapasitas tiap mobil tangki berapa kiloliter nanti akan dibahas lebih lanjut," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Robert mengatakan PT Pertamina Wilayah Jateng-DIY telah menyediakan cadangan atau suplai BBM yang lebih dari cukup untuk wilayah setempat.

"Secara umum, untuk bulan Juli 2013 kami menyediakan tambahan premium sekitar 40 persen atau 420.327 kiloliter dari rata-rata pemakaian tiap bulan yakni 299.976 kiloliter, sedangkan solar akan ditambah 25 persen atau 199.866 kiloliter dari rata-rata pemakaian sebesar 160.467 kiloliter," katanya.

Pada bulan Agustus 2013 atau pada arus balik Lebaran, katanya, PT Pertamina akan menambah premium sebesar 25 persen atau 375.610 kiloliter dan solar 13 persen atau 180.556 persen.

Selain BBM jenis premium dan solar, PT Pertamina juga melakukan penambahan cadangan untuk pertamax, pertamax plus, dan pertamina dex dengan jumlah yang bervariasi.

"Dengan adanya penambahan persediaan cadangan BBM tersebut maka diharapkan tidak terjadi antrean panjang dan kelangkaan BBM di SPBU di Jateng pada arus mudik serta arus balik Lebaran 2013," ujar Robert.

Pewarta: Wisnu Adhi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013