Dengan peluncuran ATM Bank Sleman ini, Bank Sleman adalah BPR pertama di Indonesia yang memiliki ATM
Sleman (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-42 meluncurkan layanan ATM dan menjadi BPR milik pemerintah daerah pertama di Indonesia yang memiliki ATM.

Peluncuran dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa di Sleman, Selasa.

"Dengan peluncuran ATM Bank Sleman ini, Bank Sleman adalah BPR pertama di Indonesia yang memiliki ATM," kata Direktur Bank Sleman, Muhammad Sigit.

Menurut dia, sebelumnya ATM Bank Sleman telah mendapatkan rekomendasi dari Bank Indonesia pada 5 Oktober 2023 serta dari OJK pada 6 November 2023.

"Ini adalah kado terindah untuk ulang tahun ke-42 Bank Sleman. Dan di Desember nanti ATM Bank Sleman juga bisa transaksi dengan ATM Bank Mandiri," katanya.

Ia mengatakan, ATM Bank Sleman dapat ditransaksikan melalui jaringan ATM di seluruh wilayah Indonesia yang tergabung dalam jaringan ALTO.

"Terdapat kurang lebih 34 bank yang tergabung pada jaringan ALTO, beberapa diantaranya BCA, BNI, Danamon, Sinar Mas, BTN, Panin Bank, Permata Bank dan lainnya. Fitur yang dimiliki Tarik tunai, cek saldo, transfer ke bank lain," katanya.

Sigit mengatakan, ke depan Bank Sleman segera akan melakukan pengembangan baik fitur maupun layanan seperti mobile banking dan QRIS untuk lebih memudahkan para nasabah bertransaksi.

"Sebelumnya pada 2014 sampai 2020 kami telah mempunyai layanan ATM kerja sama 'Host to Host' dengan BSM, karena adanya regulasi baru dimana Bank Sleman harus mengajukan izin sebagai bank penerbit kartu. Alhamdulillah per 5 Oktober 2023 kami telah mendapatkan izin sebagai penyedia jasa pembayaran kategori izin 1 dengan aktivitas penatausahaan sumber dana sebagai penerbit kartu ATM yang ditransaksikan secara off us dari Bank Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, peluncuran ATM Bank Sleman ini adalah komitmen Bank Sleman untuk terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pelayanan di Bank Sleman," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, mengapresiasi Bank Sleman yang telah berinovasi dan menggagas layanan ATM.

Menurut dia, layanan ini akan semakin memudahkan para nasabah dalam bertransaksi di Bank Sleman.

"Ke depannya saya harap Bank Sleman juga mengembangkan layanan e-banking yang mudah, aman dan terpercaya. Dengan layanan ini diharapkan nasabah Bank Sleman dapat memanfaatkan fasilitas e-banking sebagai 'digital payment'," katanya.

Baca juga: Kementan resmikan nursery bawang merah dan cabai di Sleman

Baca juga: KWT Kemiri Edum luncurkan minuman berbahan biji salak

Baca juga: Sleman menuju daerah lumbung pangan sehat

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023