Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengharapkan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) pada 14 Februari 2024 berlangsung damai dan demokratis.

"Dan menghadirkan pemimpin yang terbaik dan wakil-wakilnya yang terbaik, Insyaallah dari Partai Demokrat," kata AHY saat orasi politik pada kampanye perdana Pemilu 2024 di Pendopo Caleg Adi Kurnia, Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa malam.

Partai Demokrat pun akan terus memperjuangkan kepentingan rakyat agar perekonomian masyarakat semakin baik dan kesejahteraan masyarakat terus meningkat

"Demokrat ingin selalu bersama rakyat, kita ingin memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. (Program-program) Baik yang dijalankan oleh pemerintahan saat ini akan dilanjutkan, namun yang belum baik akan kita diperbaiki," kata AHY.

Dia mengharapkan Partai Demokrat berada di dalam pemerintahan dan banyak kader Demokrat yang menjadi wakil rakyat (DPR) sehingga bisa memperjuangkan kepentingan rakyat.

Baca juga: Lokasi di Jakarta ini dilarang dipasangi alat peraga kampanye
Baca juga: Bawaslu DKI segera gelar sidang perdana kasus dugaan DPT fiktif


"Kalau Demokrat kembali ke pemerintahan dan semakin banyak yang menjadi anggota Dewan, kita akan perjuangkan agar lapangan pekerjaan semakin luas, termasuk para pelaku UMKM akan diberikan bantuan modal usaha," kata putra sulung Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Janji-janji itu bukan hanya sesumbar karena pada 2004-2014 saat Partai Demokrat memimpin koalisi pemerintahan berhasil meningkatkan penghasilan masyarakat.

"Dulu ketika Pak SBY menjadi pemimpin juga berhasil meningkatkan pendapatan negara sekaligus penghasilan masyarakat," ujarnya.

Dalam orasi itu, AHY pun menyampaikan salam dari SBY kepada warga Condet.

"Saya tadi sebelum ke Condet ini, dari Cikeas. Saya bersama Pak SBY. Saya sampaikan malam hari ini ditunggu warga mau makan bareng dengan warga Condet," katanya.

Baca juga: Bawaslu DKI kumpulkan bukti dugaan APDESI dukung capres-cawapres
Baca juga: KPU DKI gandeng Dinkes untuk tingkatkan kesehatan KPPS


"Beliau menyampaikan salam, salam rindu dan mendoakan yang terbaik bagi bapak dan ibu semuanya," kata AHY.

Pemilu Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh dan Partai Gelora Indonesia.

Selain itu Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Ummat.
 
Pemilu Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
 
Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada 14 Februari 2024.
Baca juga: KPU DKI minta DKI pastikan tempat logistik dan rekapitulasi pemilu
Baca juga: Legislator panggil SKPD guna atasi kendala penyimpanan logistik pemilu

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023