menjaga agar pemilu berjalan dengan damai dan demokratis
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpesan agar para caleg bekerja secara total (all out) dan beretika dalam memenangkan Pemilu 2024.
 
Pesan itu disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat yang juga putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai melakukan kampanye perdana Pemilu 2024 di Pendopo Caleg Adi Kurnia, Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa malam.
 
"Beliau (SBY) hanya menginginkan kita bekerja total, 'all out' dengan cara baik yang beretika, termasuk menjaga agar pemilu berjalan dengan damai dan demokratis. Kita berharap ini bukan hanya ajang 5 tahunan tapi menjadi ajang Pemilu yang berkualitas," ujar AHY.
 
Menurut dia, SBY selalu memantau dan memberi dorongan moril pada seluruh caleg Partai Demokrat. Tentunya, berharap Partai Demokrat juga punya peluang yang lebih baik dari pemilu sebelumnya.
 
"Dan itu harus disertai dengan kerja keras luar biasa karena kita tahu setiap pemilu itu sangat kompetitif karena partai lain, caleg lain juga terus berusaha. tapi Partai Demokrat insya Allah punya hak dan semangat untuk bisa menduduki kursi-kursi di parlemen nanti," paparnya.
 
Pemilu Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.
 
Selain itu Pemilu Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
 
Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo sempat ke Cikeas Rabu pagi sowan ke SBY

Baca juga: Demokrat: Gibran silaturahmi ke AHY sekaligus minta waktu ketemu SBY

Baca juga: Muzani nilai Jokowi "kode keras" saat tampak akrab dengan Prabowo-SBY

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023