Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan strategi untuk mengurangi kesenjangan di Papua dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Hal itu disampaikan Ganjar ketika ditanya cara mengurangi kesenjangan di Papua dengan daerah lainnya dalam acara 'Dialog di Ufuk Timur Nusantara Untuk Indonesia' di Merauke, Papua Selatan,  Selasa.

"Bagaimana kurangi gap. Prioritas. Prioritasnya apa. Membangun infrastruktur, pendidikan, kesehatan," tutur Ganjar menjawab pertanyaan tersebut.

Ia akan berfokus pada sektor-sektor tersebut guna menghasilkan peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, serta mengurangi kesenjangan.

"Kalau ini kemudian bisa mendapatkan prioritas dan masyarakat terdidik, sekolah, punya keterampilan, punya pengetahuan yang luas, maka kesempatan itu akan terjadi," kata mantan gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Menurutnya, pembangunan tidak hanya mencakup pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan sumber daya manusia. Oleh karena itu, Ganjar menekankan perlunya investasi dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan di Papua.

"Sekolah dan pendidikan itu lah penting agar bisa digerakkan anak-anak yang punya keterampilan, sehingga gap-nya makin hari makin berkurang," pungkas Ganjar.

Ganjar menambahkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk memastikan implementasi strategi ini efektif.

Ia juga mempunyai keyakinan bahwa melalui upaya bersama dan komitmen untuk meningkatkan kondisi di Papua, Indonesia dapat mencapai kemajuan yang merata dan berkelanjutan.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023