Manado (ANTARA) - Berbagai elemen masyarakat bersama Forkopimda Sulut melaksanakan kegiatan doa bersama, dengan tema " Mari ciptakan kerukunan dan situasi kondusif di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, torang samua Basudara", di Taman Berkat - Godbless Park Kota Manado, Selasa.

Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam sambutan mengatakan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulut karena telah menggagas kegiatan ini serta menyiapkan kegiatan yang dilaksanakan.

"Apresiasi dan penghargaan kepada pengurus FKUB Sulut telah menggagas kegiatan ini. Apresiasi juga kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa dan pelajar serta seluruh elemen masyarakat yang sudah hadir di tempat ini, antar kita sesama walaupun berbeda kami merasakan keindahan, kerukunan dan kebersamaan di Sulut sangat indah," kata Kapolda.

Kapolda.juga berharap masyarakat Sulut terus mempertahankan kerukunan antar umat beragama.

"Mari kita pertahankan kerukunan antar umat beragama ini, kita harus tidak mudah terprovokasi. Kami berharap masyarakat bijak untuk menggunakan media sosial. Mari kita introspeksi diri kita untuk kembali ke keadaan semula," katanya.

Kapolda juga mengajak pemerintah dan semua elemen masyarakat untuk berkolaborasi bersama TNI dan Polri guna menjaga stabilitas Kamtibmas sehingga dapat beraktivitas dengan aman.

"Kita ucapkan bersama-sama 'torang samua basudara'," kata Kapolda yang diikuti seluruh yang hadir.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan orasi perdamaian oleh sejumlah tokoh agama, tokoh adat dan dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin oleh enam tokoh agama yakni Kristen, Islam, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Hadir.pada saat itu antara lain Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, perwakilan Forkopimda Sulut, pejabat utama Polda Sulut, Kakanwil Kementerian Agama Sulut H Sarbin Sehe, Sekretaris Daerah Sulut Steve Kepel.

Kemudian Ketua FKUB Sulut, Ketua MUI Sulut.jajatan Pemerintah Kota Manado dan Bitung, tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa, pelajar dan elemen masyarakat yang hadir sekitar 300 orang.

Baca juga: Kapolda Sulut sebut kondisi Kota Bitung aman dan terkendali

Baca juga: Kemenag apresiasi langkah cepat pemkot tangani konflik Bitung

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023