Terkesan bahwa penanganan Pantura dilakukan terus menerus. Padahal memang selalu dilakukan penanganan jalan.
Jakarta (ANTARA News) - Perbaikan jalan utama nasional wilayah pantai utara Jawa (Pantura) akan terus dilakukan selama jalan masih digunakan.

"Penanganan jalan pasti dilakukan selama jalan dipakai. Untuk jalur Pantura ada beberapa pekerjaan yang baru akan selesai pekerjaannya pada pertengahan Juli 2013," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, di Jakarta, Rabu.

Perbaikan ruas Pantura sepanjang 1.100 km terus dilakukan penanganan. Kementerian PU membangun infrastruktur jalan dengan ketahanan 10-20 tahun.

Akan tetapi, lalulintas di jalur Pantura setiap harinya mencapai 40-55 ribu kendaraan dengan kondisi empat lajur. Kondisi tersebut menyebabkan perlunya ditambah lajur jalan.

"Terkesan bahwa penanganan Pantura dilakukan terus menerus. Padahal memang selalu dilakukan penanganan jalan," tegas Djoko.

Namun, tambahnya, penambahan lajur di Pantura tidak bisa dilakukan. Diharapkan kepadatan kendaraan di Pantura dapat terurai dengan jalan tol Trans Jawa.

Sementara di tempat terpisah, Bupati Karawang, Ade Swara, bersama jajaran Muspida Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan monitoring kondisi jalan di sekitar wilayah tersebut yang akan menjadi jalur mudik, Selasa.

Sejumlah titik yang dimonitoring secara bersama-sama itu ialah simpang Jalan Lingkar By Pass Tanjung Pura, sekitar jembatan layang wilayah Lamaran, serta Simpang Cikalong Sari, Jatisari.

"Titik-titik itu merupakan titik rawan macet, jadi dimonitoring untuk mengetahui seberapa parahnya kemacetan yang terjadi di hari-hari biasa," kata bupati, di Karawang, Selasa.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berusaha menciptakan kenyamanan bagi pemudik yang akan melintasi wilayah Karawang. Karena itu, berbagai persiapan yang matang menjelang musim mudik itu perlu dilakukan.

Menurut bupati, kondisi jalan raya di wilayah Karawang, khususnya yang akan menjadi jalur khusus sepeda motor selama musim mudik lebaran 2013, masih cukup banyak yang perlu diperbaiki.

Diperkirakan, jalan raya yang akan menjadi jalur khusus sepeda motor dari wilayah Johar sampai Cikalong pada musim mudik lebaran itu sepanjang sekitar 30 kilometer. Anggaran untuk perbaikan jalan yang cukup panjang tersebut sudah dialokasikan sebesar Rp9 miliar, dipostingkan melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013