Jakarta (ANTARA) - Pilihan lima berita lifestyle, hiburan, tekno, dan otomotif pada Selasa (28/11) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, dari para pemenang MAMA Awards 2023 hari pertama, hingga potensi Indonesia menciptakan merek kendaraan listrik dalam negeri.

Para pemenang MAMA Awards 2023 hari pertama, TREASURE hingga RIIZE

Penyelenggara ajang penghargaan MAMA Awards 2023 mengumumkan para pemenang hari pertama mereka dalam acara yang berlangsung di Tokyo, Jepang dan disiarkan secara langsung melalui saluran televisi tvN dan laman YouTube Mnet.

Dalam acara hari pertama yang dipandu penyanyi idola K-pop Jeon Somi itu, para pemenang yang diumumkan terbagi dalam beberapa kategori yakni Galaxy Neo Filp Artist yang dimenangkan grup idola K-pop TREASURE, kemudian penghargaan kategori Worldwide Fan's Choice dibawa pulang oleh grup idola K-pop ZEROBASEONE, TXT, ATEEZ, NCT DREAM, Stray Kids, ENHYPEN, Bangtan Sonyeondan (BTS), SEVENTEEN, TWICE dan penyanyi Lim Young-woong.

DAY6 siap gelar konser perdana usai personel selesai wajib militer

Grup band asal Korea Selatan DAY6 akhirnya untuk kali pertama mengadakan konser spesial yang diberi nama "DAY6 Christmas Special Concert 'The Present : You are My Day'" selama tiga hari terhitung 22 - 24 Desember 2023 di Korea University Hwajeong Tiger Dome, Korea Selatan. Pertunjukan ini menjadi yang pertama bagi DAY6 setelah semua personel menyelesaikan wajib militer seperti diungkap melalui laman Twitter (X) resmi grup.

Kemenkop UKM: Batik buatan tangan perlu dilestarikan demi nilai tambah

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menilai meski teknologi berkembang secara pesat, proses pembuatan batik handmade atau menggunakan tangan perlu dilestarikan guna menjaga nilai tambah batik.

Corak batik dikembangkan di seluruh Indonesia dan masing-masing daerah memiliki ciri khas dan warna-warna sendiri. Selain itu, di Jawa, khususnya di daerah Yogyakarta dan Solo, terdapat corak-corak batik yang spesifik yang digunakan oleh raja-raja seperti motif parang rusak.

Sebanyak 96 isu hoaks pemilu berkeliaran di medsos jelang kampanye

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak 17 Juli hingga 26 November 2023 telah menemukan sebanyak 96 isu hoaks terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tersebar di berbagai medium di ruang digital Indonesia menjelang pelaksanaan kampanye.

Secara lebih rinci, temuan isu hoaks dengan topik Pemilu pada Juli terdapat sebanyak enam temuan, lalu pada Agustus ditemukan 18 hoaks, September terdapat 13 kasus, dan jumlahnya mulai meningkat signifikan pada Oktober dengan 20 temuan, serta November ada 39 kabar palsu.

Indonesia berpotensi menciptakan brand kendaraan listrik dalam negeri

Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan Indonesia memiliki potensi yang luas untuk bisa memiliki merek otomotif sendiri yang diciptakan oleh anak bangsa berkat kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah, khususnya di segmen elektrik.

Selain SDA yang melimpah dan baru bisa dimanfaatkan sebagian kecil, posisi yang dimiliki oleh Indonesia dalam kehidupan ekosistem industri otomotif di kawasan ASEAN turut memperkuat untuk terciptanya kendaraan buatan Indonesia itu sendiri.
 

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023