Jakarta (ANTARA) - Pembalap motor Marc Marquez terlihat nyaman di atas motor Ducati saat melakoni uji coba untuk MotoGP 2024 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, sebagai salah satu pembalap tim Gresini Racing.

Menurut laporan dari MotoGP, Rabu, Marc Marquez menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 29,460 detik, sebelum pada akhirnya ia finis di P4 di belakang Maverick Vinales (Aprilia Racing), Brad Binder (Red Bull KTM), dan Marco Bezzecchi (VR46). Ia hanya terpaut 0,171 detik dari Vinales.

“Hasilnya cukup baik, seperti yang sudah kami duga,” kata Marquez, dikutip dari video singkat MotoGP.

Sementara sang adik sekaligus rekan satu timnya, Alex Marquez, mengatakan ia berharap ada peningkatan yang baik dari sisi mesin dan tenaga untuk motor Ducati ‘23.

Beralih ke tim pabrikan, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini dilaporkan menguji coba sasis dan mesin baru untuk motor yang akan mereka kendarai musim depan. Jorge Martin (Prima Pramac) juga dilaporkan menguji coba hal yang sama, namun ia mengalami dua kecelakaan tak terduga.

Lebih lanjut, peraih medali perunggu MotoGP 2023 Bezzecchi bersama rekan setim barunya Fabio Di Giannantonio di VR46 juga menguji coba mesin Ducati ‘23 terbaru di Valencia. Kedua pembalap muda itu pun dinilai menunjukkan hasil yang positif.

Baca juga: Marquez kecewa akhiri musim bersama Honda tanpa podium Valencia

Marc Marquez bukan satu-satunya pembalap yang beradaptasi dengan Ducati untuk pertama kalinya. Franco Morbidelli (Prima Pramac) memulai babak barunya di MotoGP dengan mewarisi motor Johann Zarco yang kini ditambah dengan unit ekor dan aero yang diperbarui.

Beralih ke tim pabrikan otomotif Jepang, ada Luca Marini yang kini berada di garasi Repsol Honda bersama Joan Mir yang dilaporkan sudah pulih dari cedera. Keduanya pun langsung menjajal RC213V 2024 dengan tampilan baru.

Motor Honda disebut diperbarui sepenuhnya, mulai dari sasis, hingga sistem aerodinamis baru. Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig mengatakan Mir cukup senang dengan kemajuan yang dicapai dengan motor barunya, dan perasaannya cukup berbeda jika dibandingkan dengan motor 2023.

Selain itu, Mir juga bekerja dengan mantan Crew Chief Marc Marquez, Santi Hernandez, untuk pertama kalinya sebelum keduanya menjalani tahun 2024 bersama-sama.

Di sisi lain, Alex Rins bergabung dengan Fabio Quartararo di garasi Monster Energy Yamaha untuk pertama kalinya. Kedua pembalap pabrikan tersebut menjajal motor baru Yamaha yang kini dilaporkan memiliki knalpot duel yang lebih panjang.

Sementara itu, MotoGP musim mendatang akan dimulai di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

Baca juga: Quartararo pertimbangkan masa depannya di Yamaha setelah musim sulit

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023