Ramallah, Palestina (ANTARA) - Pasukan Israel menyerbu Kota Jenin di Tepi Barat utara pada Selasa (28/11) malam, mengepung kamp Jenin dan bertempur dengan warga Palestina.

Pasukan militer yang menggunakan buldoser, memasuki kota dari beberapa titik, menyerang beberapa kawasan perumahan, mengerahkan penembak jitu di atap-atap beberapa gedung, dan mengepung kamp Jenin, menurut kantor berita resmi Palestina WAFA.

Militer juga menahan dua pemuda dari dalam sebuah kendaraan, menurut kantor berita itu.

WAFA menambahkan, pasukan militer ditempatkan di pintu masuk departemen darurat Rumah Sakit Jenin. Selain itu, buldoser militer juga menghancurkan beberapa bangunan milik sipil.

Pertempuran antara militer Israel dengan warga Palestina juga terjadi di kawasan Cinema Square di Jenin, menurut saksi mata kepada koresponden Anadolu.

Aktivis media sosial membagikan rekaman yang menunjukkan kendaraan militer Israel dan baku tembak.

Seorang pria terluka parah oleh pasukan pendudukan di Kota Hebron dan dibawa ke Rumah Sakit Al-Ahli, menurut pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina.

Ketegangan meningkat di seluruh Tepi Barat sejak pertempuran meletus antara kelompok Palestina Hamas dengan Israel di Jalur Gaza pada 7 Oktober.

Sebanyak 242 warga Palestina Tepi Barat tewas oleh pasukan Israel dan lebih dari 2.850 orang mengalami luka-luka, menurut Kementerian Kesehatan Palestina di Tepi Barat.

Baca juga: Israel klaim tentaranya bebas untuk menyerang Jenin
Baca juga: Presiden Palestina kunjungi Jenin pascaserangan Israel
Baca juga: Kedubes Iran kutuk keras serangan Israel di Jenin


Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023