Jakarta (ANTARA) - Agenda perdana kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 oleh 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-wapres) dimulai pada Selasa (28/11).

Ketiga pasangan capres-cawapres itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menjalani kampanye sesuai jadwal yang telah disiapkan.

Adapun jadwal dan aturan kampanye telah diatur secara detail dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu. Berdasarkan beleid tersebut, kampanye pemilu merupakan kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program dan/atau citra diri peserta pemilu.

Pelaksana kampanye pemilu adalah peserta pemilu dan pihak yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk melakukan kegiatan kampanye pemilu. Masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pasangan Anies-Cak Imin

Anies Baswedan memulai hari pertama kampanye sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan meminta doa restu ke ibunya, yakni Aliyah Rasyid Baswedan di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Selasa. Selain ke orang tuanya, dia meminta doa kepada mertua dan anak-anaknya.

Anies sempat menemui para tetangga yang menjadi relawan pemenangan di kediamannya. Para relawan itu menggunakan kaus berwarna putih bertuliskan huruf "SB" berwarna biru dan merah.

Pukul 08.15 WIB, Anies langsung bergerak menuju Kampung Tanah Merah di Jakarta Utara sebagai titik awal di hari pertama tahapan kampanye Pemilihan Presiden 2024 karena mengikuti jejaknya saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Menurut dia, kampung tersebut memiliki sejarah kedekatan dengannya secara emosional. Dia mengatakan warga di kampung itu yang pertama meminta dirinya maju sebagai calon gubernur di tahun 2016.

Lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengawali kampanye Pilpres 2024 atau "kick off" di Jalan Perjuangan Raya, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Anies bertemu dengan ratusan relawan dan masyarakat sekitar untuk saling bertukar sapa serta menyampaikan visi & misi jika terpilih nanti.

Kemudian, Anies menuju Gelanggang Olahraga (GOR) Cirasas, Jakarta Timur dan melanjutkan kampanye di GOR Laga Tangkas, Cibinong, Jawa Barat. Dia menilai Jawa Barat merupakan provinsi yang penting untuk dikuasai dalam kontestasi Pilpres 2024.

Dia menjanjikan transportasi umum rute Bogor-Jakarta yang lebih terjangkau, karena tak sedikit pekerja di Jakarta yang bertempat tinggal di Kabupaten Bogor sehingga menganggap transportasi umum sebagai kebutuhan.

Selanjutnya, Anies menyapa warga di Jembatan Merah, Bogor Tengah, Jawa Barat. Ia kembali ke Jakarta menggunakan kereta rel listrik (KRL) untuk menghadiri diskusi dengan agenda transisi energi yang dilaksanakan Indonesia Clean Energy Forum (ICEF) di Jalan Dharmawangsa Raya No.23, Jakarta Selatan, pada pukul 19.00 WIB.

Baca juga: TKN: Prabowo-Gibran akan kampanye di akhir pekan
Baca juga: Strategi Ganjar Pranowo kurangi kesenjangan di Papua

Sementara itu, Cak Imin mengunjungi rumah ibunya dan melaksanakan ziarah di Jombang, Jawa Timur. Kemudian, dia berangkat menuju Kabupaten Mojokerto untuk menghadiri rapat terbuka Relawan Jaringan Perempuan Nahdliyin.

Cak Imin juga ambil bagian dalam acara pertandingan sepak bola persahabatan bersama para legenda klub Persebaya, di Lapangan Wedoro, Waru, Kabupaten Sidoarjo. Lalu, melaksanakan makan malam dan menyapa para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Taman Bungkul, Surabaya.


Pasangan Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memilih tidak mengambil cuti pada hari pertama kampanye Pilpres 2024. Pasalnya, keduanya masih aktif sebagai sebagai Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kendati demikian, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menggelar sosialisasi program makan siang dan susu gratis, serta bantuan gizi untuk anak-anak dan ibu hamil secara serentak di berbagai daerah Indonesia pada hari pertama kampanye Pilpres 2024.

Dari beberapa lokasi yang menjadi sasaran sosialisasi program Prabowo-Gibran, sembilan di antaranya di Pulogebang (Jakarta), Jurumundi (Benda, Tangerang), Kampung Tambaklorok (Semarang, Jawa Tengah), Kampung Karanganyar Brontokusuman (Yogyakarta), Maricaya Selatan (Makassar, Sulawesi Selatan), Pettarani, Panakkukang (Makassar, Sulawesi Selatan), Jalan Poros Kapasa Raya (Bira, Makassar, Sulawesi Selatan), Babakan Hantap, Kiaracondong (Bandung, Jawa Barat), dan Jalan Irawati Gang 1 (Surabaya, Jawa Timur).

Pasangan ini menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp5 miliar untuk membantu rakyat Palestina di Gaza melalui lembaga kemanusiaan Indonesia Relief (iRelief) dan Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban. Bantuan tersebut akan terus berlanjut sebagai bentuk komitmen kuat untuk misi kemanusiaan dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran.


Pasangan Ganjar-Mahfud

Senada dengan Anies-Cak Imin, Ganjar-Mahfud melakukan kampanye secara terpisah. Mereka menjadikan Merauke di Papua Selatan dan Sabang di Aceh sebagai titik awal kampanye untuk pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud.

Ganjar-Mahfud mengirim pesan kuat bahwa meskipun keberadaan Ganjar di Merauke dan Mahfud di Sabang, keduanya menghubungkan Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur. Kampanye Ganjar-Mahfud juga menyiratkan sila ke-3 Pancasila: Persatuan Indonesia. Sebab, Ganjar-Mahfud berkomitmen memajukan seluruh rakyat Indonesia melalui pemerataan pembangunan di desa dan di kota, maupun dari ujung barat hingga ujung Timur Indonesia.

Ganjar memilih kampanye dari sebuah desa di Merauke yang menjadi tempat paling awal menyambut matahari, tempat di mana rakyatnya paling awal memulai kerja dan usaha. Mahfud memulai kampanye dari Sabang, di Aceh yang merupakan tempat paling Barat di Indonesia, dan menjadi pintu masuk ke Nusantara di masa lalu.

Di Merauke, Ganjar mempromosikan program unggulan Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes di mana setiap desa setidaknya memiliki satu unit fasilitas kesehatan (faskes) memadai dan seorang tenaga kesehatan (nakes) mumpuni guna menyehatkan seluruh warga di pedesaan.

Baca juga: Timnas AMIN: Generasi Z dan milenial jadi penyumbang ide visi dan misi

Ia tak memungkiri bahwa masyarakat memang mendambakan layanan kesehatan yang dekat, cepat, murah, dan baik. Oleh karena itu, program Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes itu akan diutamakan di desa-desa kawasan 3T.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mendorong semua pihak untuk menjaga perdamaian di Papua demi menciptakan stabilitas dan harmoni di Bumi Cenderawasih. Dia ingin mengurangi kesenjangan di Papua dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa, mewakili capres Ganjar Pranowo menghadiri agenda deklarasi dukungan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa.

Menurut Andika, nilai dukungan yang didapat di Merauke akan semakin meningkat jika di daerah ujungnya lagi, yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, juga terdapat deklarasi dukungan dari warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sekitar sana.

Sementara Mahfud di Sabang menyampaikan keinginannya agar guru ngaji bisa naik kelas dengan peningkatan kesejahteran guna mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan nasional.

Mahfud bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan guru ngaji dan tenaga pendidik keagamaan lainnya, setidaknya bisa setara dengan guru pada umumnya. Tak hanya itu, dia menyempatkan meminum kopi bersama pemuda-pemudi influencer atau pemengaruh asal Aceh berpesan agar tidak menyebarkan kabar bohong atau hoaks yang bisa memprovokasi dan memecah belah masyarakat.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023