Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dan Universitas Aziz Lamadjido (Azlam) bekerja sama mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) Sulawesi Tengah melalui peran dan fungsi pendidikan yang dimiliki dua perguruan tinggi tersebut.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Lukman S Thahir, di Kota Palu, Rabu, mengatakan optimalisasi penyelenggaraan layanan pendidikan kepada masyarakat harus dilakukan, dengan pendekatan pentahelix.

"Oleh karena itu, sinergi multipihak menjadi hal fundamental, agar kehadiran perguruan tinggi memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat," kata Lukman S Thahir, di sela-sela pertemuannya dengan Rektor Universitas Azlam.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Prof Lukman S Thahir menerima kunjungan silaturahim Rektor Universitas Aziz Lamadjido (Azlam) Palu Dr Husen Hi Moh Saleh, didampingi Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Abd Rahman, Ketua Prodi Akuntansi Dini Rosyada, dan Kasubag Humas Listianingsim.

Sementara Rektor UIN Datokarama Prof Lukman didampingi Ketua LP2M Dr Sahran Raden dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Dr Hamlan.

Baca juga: UIN Datokarama bantu kembangkan kemandirian pondok pesantren

Pertemuan itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang optimalisasi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani dua pihak tersebut mencantumkan ruang lingkup kerja sama meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kemudian, penyelenggaraan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dosen maupun mahasiswa, penyelenggaraan kegiatan ilmiah berupa penelitian bersama, seminar, lokakarya, dan publikasi ilmiah.

Selanjutnya pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan sarana dan prasarana masing-masing pihak, serta kegiatan lainnya.

Baca juga: UIN Palu-BPKP bersinergi dorong mahasiswa awasi pembangunan

Lukman mengemukakan bahwa sinergi yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan wujud nyata tekad UIN Datokarama dan Universitas Azlam untuk mengoptimalkan kontribusi terhadap pembangunan daerah di Sulteng.

"Kontribusi ini dilakukan dengan mengoptimalkan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar menerima manfaat dari kehadiran perguruan tinggi," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Azlam Dr Husen Hi Moh Saleh mengapresiasi UIN Datokarama bersedia bekerja sama dengan universitas yang dipimpinnya dalam rangka peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan.

Husen mengakui bahwa sinergi multipihak sesuai konsepsi pentahelix menjadi kata kunci untuk pengembangan mutu dan pendidikan daerah.

Baca juga: UIN Datokarama bantu pemberdayaan masyarakat di Parigi Moutong

"Universitas Azlam sebagai perguruan tinggi yang sedang berkembang secara kelembagaan, terus membuka diri dan menjajaki kerja sama multipihak untuk memaksimalkan peran dan fungsi perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan," ujarnya.
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Prof Lukman S Thahir bersama Rektor Universitas Aziz Lamadjido (Azlam) Dr Husen Hi Moh Saleh berdialog di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman bersama yang ditandatangani dua pihak, di Palu, Rabu (29/11/2023) (ANTARA/Kiswanto)




 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023