Maruli Simanjuntak merupakan pencetus program TNI AD manunggal air
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengapresiasi program TNI AD manunggal air yang dicetus Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

"Maruli Simanjuntak merupakan pencetus program TNI AD manunggal air," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Program TNI manunggal air merupakan program penyediaan air bersih bagi warga di tempat-tempat yang memang belum terakses air bersih, seperti di wilayah tandus, hingga daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T).

"Ada ratusan ribu penduduk dari Aceh sampai Merauke, yang terbantu akses airnya dengan adanya program TNI AD manunggal air yang digagas oleh Maruli," jelasnya.

Baca juga: Luhut antusias pulang ke Jakarta saksikan pelantikan Maruli jadi Kasad

Baca juga: Luhut hadiri pelantikan sang menantu jadi kasad


Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) dengan pangkat Jenderal TNI.

Pelantikan itu dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu siang, sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Meutya menilai Maruli merupakan sosok yang tepat untuk menduduki jabatan sebagai Kasad. Kemampuan, pengalaman serta karakter Maruli sudah sangat tepat untuk menempati posisi orang nomor satu di TNI Angkatan Darat (AD).

"Maruli salah satu perwira tinggi terbaik yang dimiliki TNI AD. Kecakapan, kemampuan serta pengalaman beliau yang banyak mendapat penghargaan brevet dari dalam dan luar negeri seperti Amerika Serikat, Inggris dan Thailand bukti bahwa beliau figur yang tepat untuk menjadi Kasad," ungkapnya.

Baca juga: Wapres: Kasad baru harus jaga keutuhan bangsa hadapi Pemilu

Meutya berharap Maruli Simanjuntak dapat meneruskan dan meningkatkan program-program kerja TNI AD yang telah berjalan.

"TNI Angkatan Darat semakin profesional, maju, dan tentunya yang paling penting adalah TNI AD selalu di hati rakyat," tuturnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023